Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenaker Gelar "Job Fair", Tersedia 188 Lowongan Kerja

Kompas.com - 23/08/2022, 19:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) kembali menggelar job fair secara tatap muka (offline) untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19. Job fair ini berlangsung di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur, pada 23-24 Agustus 2022.

Menaker Ida Fauziyah mengatakan, job fair yang berlangsung ini diikuti oleh 47 perusahaan dan menyediakan 188 lowongan kerja serta kebutuhan tenaga kerja mencapai 3.873 tenaga kerja.

"Acara seperti ini akan terus dilakukan, sehingga banyak teman-teman pencari kerja akan bertemu kesempatan kerja baru dan diharapkan akan menurunkan angka pengangguran," katanya melalui siaran pers, Selasa (23/8/2022).

Baca juga: Mendag Zulhas Ajak Pelaku Industri Fesyen Muslim Tanah Air Serbu Pasar Global

Selain di UIN Sunan Ampel, job fair secara virtual juga berlangsung di Jawa Barat, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Barat pada waktu yang sama. Job fair di 3 provinsi ini menyediakan sebanyak 12.049 kesempatan kerja atau lowongan.

Menaker juga menyosialisasikan SIAPKerja, layanan ketenagakerjaan yang dapat diakses oleh semua masyarakat Indonesia untuk mendapatkan informasi ketenagakerjaan.

Pengguna bisa mendaatkan informasi lowongan pekerjaan (Karir Hub), informasi pelatihan kerja (Skill Hub), informasi sertifikasi kompetensi (Serti Hub), informasi perluasan kesempatan kerja (Biz Hub), dan layanan khusus bagi talenta muda (Talent Hub).

Seluruh layanan tersebut dapat diakses melalui laman https://kemnaker.go.id.

Baca juga: Sri Mulyani: Jika Harga BBM Pertalite-Solar Tak Naik, Subsidi Energi Bisa Bengkak Lagi Rp 198 Triliun

"Semua itu didedikasikan kepada masyarakat utamanya masyarakat pencari kerja," ujarnya.

Ida bilang, pihaknya menggelar Job Fair Pasker.ID Goes To Campus Tahun 2022 bertajuk Improving The Employment Condition To Recover Together. Tema ini menurutnya relevan dengan semangat dan upaya untuk bangkit memulihkan dampak pandemi covid-19 di bidang ketenagakerjaan.

"Oleh sebab itu, pelaksanaan job fair di masa sekarang ini merupakan salah satu upaya yang sangat bermanfaat dan berkontribusi terhadap penciptaan peluang bagi tenaga kerja untuk mendapatkan pekerjaan, serta bagi perusahaan agar memperoleh kandidat yang berkualitas dan sesuai dengan kualifikasi jabatan yang ditawarkan," tuturnya.

Baca juga: Erick Thohir Targetkan Merah Putih Fund Himpun Dana Awal Rp 4,4 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com