Kompas.com - 23/08/2022, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) kembali menggelar job fair secara tatap muka (offline) untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19. Job fair ini berlangsung di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur, pada 23-24 Agustus 2022.

Menaker Ida Fauziyah mengatakan, job fair yang berlangsung ini diikuti oleh 47 perusahaan dan menyediakan 188 lowongan kerja serta kebutuhan tenaga kerja mencapai 3.873 tenaga kerja.

"Acara seperti ini akan terus dilakukan, sehingga banyak teman-teman pencari kerja akan bertemu kesempatan kerja baru dan diharapkan akan menurunkan angka pengangguran," katanya melalui siaran pers, Selasa (23/8/2022).

Baca juga: Mendag Zulhas Ajak Pelaku Industri Fesyen Muslim Tanah Air Serbu Pasar Global

Selain di UIN Sunan Ampel, job fair secara virtual juga berlangsung di Jawa Barat, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Barat pada waktu yang sama. Job fair di 3 provinsi ini menyediakan sebanyak 12.049 kesempatan kerja atau lowongan.

Menaker juga menyosialisasikan SIAPKerja, layanan ketenagakerjaan yang dapat diakses oleh semua masyarakat Indonesia untuk mendapatkan informasi ketenagakerjaan.

Pengguna bisa mendaatkan informasi lowongan pekerjaan (Karir Hub), informasi pelatihan kerja (Skill Hub), informasi sertifikasi kompetensi (Serti Hub), informasi perluasan kesempatan kerja (Biz Hub), dan layanan khusus bagi talenta muda (Talent Hub).

Seluruh layanan tersebut dapat diakses melalui laman https://kemnaker.go.id.

Baca juga: Sri Mulyani: Jika Harga BBM Pertalite-Solar Tak Naik, Subsidi Energi Bisa Bengkak Lagi Rp 198 Triliun

"Semua itu didedikasikan kepada masyarakat utamanya masyarakat pencari kerja," ujarnya.

Ida bilang, pihaknya menggelar Job Fair Pasker.ID Goes To Campus Tahun 2022 bertajuk Improving The Employment Condition To Recover Together. Tema ini menurutnya relevan dengan semangat dan upaya untuk bangkit memulihkan dampak pandemi covid-19 di bidang ketenagakerjaan.

"Oleh sebab itu, pelaksanaan job fair di masa sekarang ini merupakan salah satu upaya yang sangat bermanfaat dan berkontribusi terhadap penciptaan peluang bagi tenaga kerja untuk mendapatkan pekerjaan, serta bagi perusahaan agar memperoleh kandidat yang berkualitas dan sesuai dengan kualifikasi jabatan yang ditawarkan," tuturnya.

Baca juga: Erick Thohir Targetkan Merah Putih Fund Himpun Dana Awal Rp 4,4 Triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.