Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahlil: Urus Izin NIB Tidak Perlu Ketemu Menteri, Gubernur, Kepala Dinas, Gratis untuk UMKM

Kompas.com - 23/08/2022, 20:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia memberikan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada 550 pelaku UMK perseorangan yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (23/8/2022).

Bahlil menuturkan, adanya perintah langsung dari Presiden Joko Widodo agar pelaku UMK memperoleh kemudahan akses permodalan dan pembinaan, salah satunya pemberian NIB secara gratis.

"Ngurus izin tidak perlu ketemu menteri, gubernur, atau kepala dinas. Gratis untuk UMKM. Kita mau pengusaha mudah urus izin. Kehadiran pemerintah membuat sistem yang mudah, efisien, dan transparan untuk mendorong dan menaikkelaskan anak-anak muda yang mau menjadi pengusaha," katanya melalui siaran pers.

Baca juga: Ada OSS dan NIB Gratis, UMKM Bisa Mulus Dapat Fasilitas Kredit Perbankan

Dalam kesempatan itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengharapkan paska pandemi ini UMKM bukan hanya sekedar pulih, tetapi juga bertransformasi dari informal menjadi formal dengan adanya legalitas usaha.

Penting bagi pelaku usaha mengurus NIB untuk memperoleh kemudahan akses pembiayaan dan perizinan usaha lainnya. Teten bilang, pelaku UMKM harus menjadi bagian dari industrialisasi nasional.

"Pemerintah mengubah cara pandang terhadap UMKM. Tidak lagi melihat sebagai ekonomi keluarga atau bumper ekonomi, tetapi menempatkan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia," kata Teten.

Baca juga: Bahlil: 430.000 NIB Sudah Dikeluarkan Sejak 9 Agustus, Jabar Paling Banyak

Sampai dengan akhir tahun ini, Kementerian Investasi/BKPM secara aktif akan melakukan sosialisasi secara langsung kepada pelaku UMK perseorangan di total 20 wilayah di seluruh Indonesia. Provinsi DIY ini merupakan titik ke-7, setelah sebelumnya diselenggarakan kegiatan serupa di Kota Solo, Jakarta, Medan, Banjarbaru, Banyuwangi, dan Mataram.

Berdasarkan data Kementerian Investasi/BKPM, sampai dengan 23 Agustus 2022, sebanyak 1.743.045 NIB telah berhasil diterbitkan melalui sistem OSS di seluruh wilayah Indonesia. Dari angka tersebut, 98 persen merupakan NIB pelaku UMK dan 2 persen pelaku usaha menengah dan besar.

Sedangkan, khusus untuk Provinsi DIY, sebanyak 32.923 NIB telah berhasil diterbitkan atau 1,8 persen dari total NIB. Untuk di Kabupaten Sleman, telah terbit NIB sebanyak 13.017 NIB atau 39,53 persen dari total NIB di DIY dan menempati peringkat 1 kabupaten/kota dengan NIB terbanyak se-DIY.

Baca juga: Bahlil: UMKM Urus NIB lewat OSS Hanya Perlu E-KTP dan Gratis

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+