Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kation Technologies Indonesia Bantu Percepat Transformasi Digital UKM, Ini Caranya

Kompas.com - 24/08/2022, 19:51 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan solusi Teknologi Informasi (TI) yang berbasis di Filipina, Kation Technologies Inc., memperluas operasinya di Indonesia melalui joint venture.

Melalui joint venture ini, Kation Technologies Indonesia hadir untuk mempercepat transformasi digital bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia.

Caranya, dengan pendekatan yang lebih strategis serta berpusat pada kebutuhan pegawai (human-centered), beralih dari investasi teknologi ke investasi bisnis yang berpusat pada data untuk pengambilan keputusan, dan menentukan pengembalian investasi (ROI) yang jelas dan terukur.

Baca juga: Perusahaan Konsultan IT Asal AS Bidik Pasar Cloud Computing di RI

Presiden Direktur Kation Technologies Indonesia Yusuf Khyber Hasnoputro mengatakan, Kation memungkinkan pelaku UMKM untuk dapat mengumpulkan data dari berbagai e-commerce dalam satu aplikasi.

"Kalau semula aplikasinya terpisah, UMKM harus menarik laporan dari e-commerce ini dan itu, lalu menyamakan datanya. Itu semua bisa kami integrasikan dengan solusi kami," jelas dia dalam konferensi pers, Rabu (24/8/2022).

Ia menambahkan, perusahaan sering kali menganggap inisiatif transformasi digital sebagai tujuan akhir dan sudah memutuskan penggunaan platform teknologi tertentu.

"Transformasi digital tidak hanya tentang mengadopsi teknologi paling mutakhir, tetapi juga memberdayakan tenaga kerja yang sudah ada untuk produktivitas yang lebih tinggi," imbuh dia.

Baca juga: Dukung Transformasi Digital, FiberStar dan Huawei Gelar Technofeast

Sementara itu, Presiden dan CEO Kation Technologies Inc. Andoni Albert mengatakan, implementasi solusi yang human-centered pada kebutuhan pegawai akan mendorong perubahan terukur dalam operasi bisnis.

"Teknologi hanyalah alat, dan memilih teknologi mana yang tepat, efektif, dan efisien merupakan langkah terakhir dari proses transformasi digital," ucap dia.

Baca juga: Upaya Transformasi Digital Perusahaan Tingkatkan Permintaan Solusi Cloud, Ini Strategi Oracle

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com