Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indeks Dollar AS Melemah, Nilai Tukar Rupiah Dibuka Menguat

Kompas.com - 25/08/2022, 10:15 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pada sesi perdagangan Kamis (25/8/2022) pagi bergerak menguat. Ini selaras dengan melemahnya indeks dollar AS, dan sentimen positif yang berasal dari dalam negeri.

Mengacu kepada data Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dibuka pada level Rp 14.827,5 per dollar AS, menguat dibanding level penutupan sebelumnya sebesar Rp 14.848 per dollar AS.

Terpantau nilai tukar rupiah terus bergerak menguat, di mana sampai dengan pukul 09.55 WIB nilai tukar rupiah terhadap dollar AS berada pada posisi Rp 14.832,5 dollar AS, naik 15,5 poin atau 0,1 persen.

Baca juga: IHSG Dibuka Fluktuatif Pagi Hari Ini

Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra mengatakan, indeks dollar AS melemah terhadap sejumlah mata uang, jelang pidato Gubernur The Federal Reserve, Jerome Powell, dalam pertemuan tahunan Jackson Hole.

"Dollar AS untuk sementara terlihat dalam konsolidasi tertekan terhadap nilai tukar lainnya menunggu komentar Jerome Powell mengenai kebijakan moneternya," ujar dia, kepada Kompas.com, Kamis.

Pada pagi hari ini, dollar AS terpantau melemah terhadap sebagian besar mata uang Asia, mulai dari dollar Hong Kong, dollar Singapura, won Korea Selatan, peso Filipina, rupee India, yuan China, hingga ringgit Malaysia.

Baca juga: Minim Sentimen, Harga Bitcoin Naik Tipis Pagi Hari Ini

Selaras dengan pelemahan indeks dollar AS itu, Ariston menyebutkan, sentimen kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) masih akan mampu mendongkrak pergerakan nilai tukar rupiah hari ini.

Kekhawatiran investor terhadap potensi lonjakan inflasi di Tanah Air, seiring dengan semakin kencangnya wacana kenaikan harga BBM subsidi, dapat diminamilisir dengan telah dinaikannya suku bunga acuan BI.

"Nilai tukar rupiah masih mungkin menguat terhadap dollar AS Hari ini ke arah 14.800 dengan resisten Di kisaran 14.870 ucap Ariston.

Baca juga: Stabil, Simak Rincian Harga Emas Antam Hari Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com