Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Uno Jajaki Peluang Kerja Sama Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Selandia Baru

Kompas.com - 25/08/2022, 11:45 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melakukan penjajakan kerja sama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dengan Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Burnett.

“Kami menjajaki peluang kerja sama pariwisata dan ekonomi kreatif yang bisa dilakukan antara Indonesia dengan Selandia Baru,” kata dia, dikutip Kamis (25/8/2021).

Sandiaga Uno menambahkan, peluang kerja sama yang dibahas meliputi peningkatan frekuensi penerbangan, strategi atau langkah menghadirkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan lingkungan, sharing best practice dengan institusi pendidikan antar kedua negara, digitalisasi, hingga strategi pemasaran guna meningkatkan kesadaran pariwisata kedua negara.

Baca juga: Respons Sandiaga Uno, KAI Siap Layani Wisawatan Gunakan Kereta Api

“Mudah-mudahan kami bisa saling memperkuat kolaborasi dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di kedua negara. Serta dapat membantu mempromosikan dan menghadirkan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan,” imbuh dia.

Sandiaga menjelaskan, Selandia Baru merupakan salah satu pasar yang sangat strategis bagi pertumbuhan pariwisata di Indonesia.

Menurut data BPS, kedatangan turis asal Selandia Baru pada tahun 2018 tumbuh 14 persen atau sebanyak 128.325 wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. Dengan lama kunjungan antara 10 hingga 11 hari.

Apabila peluang ini dapat digarap secara optimal, Sandiaga bilang, pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia dapat bangkit dan akan mendorong penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas.

Baca juga: Sandiaga Uno: Event Daerah Akan Buka Peluang Usaha dan Menggeliatkan Ekonomi

“Karena sektor pariwisata dan ekonomi kreatif telah menjadi rumah bagi 40 juta masyarakat Indonesia,” kata mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno juga meminta dukungan kepada Selandia Baru, untuk menyukseskan Presidensi G20 2022 yang dikepalai Indonesia. Kemenparekraf sendiri memiliki beberapa side events G20 seperti World Conference on Creative Economy (WCCE) dan World Tourism Day.

Dala pertemuan itu, Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Burnett menyampaikan, perbatasan negaranya telah dibuka kembali sepenuhnya untuk wisatawan pada 31 Juli 2022.

"Dan kami sedang dalam tahapan menyambut kedatangan para wisatawan ke Selandia Baru. Kami berharap dapat membangun kembali pariwisata dan ekonomi kreatif yang sempat terpuruk akibat pandemi dengan kerja sama yang akan kita lakukan ke depannya,” tutup Sandiaga Uno.

Baca juga: Promosikan Indonesia, Sandiaga Uno Luncurkan WonderVerse

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com