Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank BCA Belum Layani Penukaran Uang Baru 2022, Ini Sebabnya

Kompas.com - 25/08/2022, 16:43 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (Bank BCA) masih belum melayani penukaran uang baru 2022 di kantor cabangnya.

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn mengatakan, pihaknya masih berupaya untuk berkoordinasi dengan Bank Indonesia (BI) untuk pendistribusian uang baru 2022 ini.

"Kami akan segera menyampaikan ke masyarakat apabila uang baru rupiah sudah tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh nasabah," ujar Hera saat dihubungi Kompas.com, Kamis (25/8/2022).

Baca juga: BRI Sudah Layani Penukaran Uang Baru 2022, Kecuali Wilayah DKI Jakarta

Dia melanjutkan, diharapkan proses dengan regulator ini dapat segera selesai sehingga perseroan dapat segera melayani penukaran uang baru 2022 kepada nasabahnya.

Sebab, beberapa bank besar lain sudah mulai melayani penukaran uang baru 2022 ke masyarakat meskipun stok uang baru masih tergantung pada alokasi dari BI.

"Pada prinsipnya kami mendukung dan terus berupaya agar dapat segera menyebarkan pecahan uang kertas baru tahun 2022 untuk nasabah tercinta," kata Hera.

Baca juga: Kapan Perbankan Layani Penukaran Uang Baru? Ini Kata BI

Untuk itu sembari menunggu proses dengan regulator selesai, BCA mempersiapkan infrastruktur mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan mesin Cash Recycle Machine (CRM) agar ketika proses tersebut selesai maka mesin-mesin tersebut dapat melayani penukaran uang baru 2022.

"Di saat yang bersamaan, BCA juga melakukan persiapan dari segi infrastruktur mesin ATM dan CRM untuk penyesuaian uang emisi baru tersebut," ucapnya.

Baca juga: Cara Cek Lokasi Penukaran Uang Baru 2022 di Berbagai Daerah

Diberitakan sebelumnya, Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengatakan, perbankan sudah dapat melayani penukaran uang baru sejak Selasa (23/8/2022).

Pasalnya, pada Senin (22/8/2022) BI sudah mulai melakukan pendistribusian uang baru 2022 kepada perbankan di seluruh Indonesia.

"Bank baru hari ini Senin melakukan penarikan ke BI termasuk untuk uang baru. Dengan demikian, bank baru bisa menyediakan uang baru kepada nasabah atau masyarakat mungkin besok," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (22/8/2022).

Perbankan besar lainnya seperti PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk sudah melayani penukaran uang baru sejak Rabu (24/8/2022) meski masih belum merata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com