Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Uno Ajak Santri Ciptakan Ekonomi Kreatif Berbasis Pesantren

Kompas.com - 25/08/2022, 22:31 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menghadiri pameran fotografi santri di pesantren Ruhama Al Fajar, Tajurhalang.

Menurut dia agenda rutin ini dapat memotivasi para santri untuk beradaptasi sesuai perkembangan teknologi dalam menciptakan digitalpreuneur berbasis pesantren.

"Inilah kebangkitan pemberdayaan ekonomi berbasis pesantren yang menjadi lokomotif dalam penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru tahun ini. Sehingga diperlukan peluang usaha seperti agro wisata maupun agro farming dengan memberikan fasilitas kamera, studio, dan program pelatihan pendampingan santri digitalpreuneur yang sedang kami jalankan," kata Sandiaga di Pesantren Ruhama Al Fajar, Tajurhalang, Bogor, Kamis (25/8/2022).

Baca juga: DPD: Hampir Dipastikan Harga BBM Subsidi Naik dalam Waktu Dekat

Sandiaga mengapresiasi semangat para guru pesantren dalam menghadapi era industri 4.0 yang serba digital. Di antaranya perlu diciptakan terobosan bahwa santri Indonesia mampu memenangkan persaingan global dengan menghasilkan karyanya melalui fotografi.

"Saya melihat pesantren ini memiliki pendekatan antara santri dengan para ustadz maupun ustadzah dalam membangun wawasan fotografi mengenai peluang usaha persaingan global dengan menghasilkan karya-karya terbaik," tuturnya.

Awaludin Arif selaku guru foto menyampaikan bahwa kegiatan ini bertemakan Carpe Diem tentang railah segera layaknya seorang fotografer mengambil momen.

Baca juga: Ini Rincian Dana Pembangunan IKN Nusantara pada 2022

Tak hanya itu, apresiasi yang diberikan Sandiaga membuat santri dapat memiliki kesempatan yang sama dalam menciptakan peluang usaha.

"Apresiasi yang menarik dari Pak Menteri mengenai seni dan budaya menjadikan semangat bahwa fotografi itu menjadi nilai dimata santri. Ini merupakan sebuah momentum yang menarik artinya peluang-peluang ini para santri dapat memiliki kesempatan yang sama," ucap Awaludin.

Awaludin mengakui santrinya telah mendapatkan tawaran pekerjaan fotografer. Ia pun berharap adanya pameran ini dapat membangkitkan santri digitalpreuneur yang bisa membawa manfaat nyata bagi Indonesia.

"Santri disini sudah ada yang menerima pekerjaan fotografer. Dengan ini saya berharap digitalpreuneur melalui fotografi ini dapat membangkitkan jiwa kewirausaan para santri," tutup dia.

Baca juga: Persoalan Harga BBM Subsidi Pelik, Pemerintah Pikirkan Bansos hingga Komunikasi Publik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com