Kompas.com - 26/08/2022, 18:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan, para pelaku usaha mikro harus memiliki renacana bisnis (business plan) dan brand value atau nilai suatu produk untuk mendukung perkembangan usaha yang berkelanjutan.

Teten mengatakan, saat ini, masih banyak pelaku UMKM yang hanya menjual produk namun tidak memiliki brand value.

"Rata-rata UMKM misalnya jualan kacang, kacangnya omzet makin banyak, kacangnya saja yang trending tapi mereka enggak dapat brand value-nya, sementara pesaing banyak," kata Teten dalam acara Kopdar UMKM Nasional di SMESCO Exhibition, Jakarta, Jumat (26/8/2022).

Baca juga: Harga BBM Subsidi Bakal Naik, Akankah BLT UMKM Dilanjutkan?

Teten juga mengatakan, pelaku UMKM perlu mendaftarkan usaha mereka dan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

Hal ini, kata dia, diperlukan para pelaku UMKM untuk memberikan kemudahan dalam menjalin kontrak bisnis dengan pihak lain.

"Kalau usahanya masih informal (belum terdaftar) kan susah, ini badan hukumnya apa, ya itu banyak opportunity bisnis, jadi kita ingin mereka formal," ujarnya.

Lebih lanjut, Teten berharap dengan semakin banyaknya pelaku UMKM merambah ke bisnis digital, dapat lebih menguntungkan.

"Jadi pelaku UMKM berkali-kali lipat naik kelasnya," ucap dia.

Baca juga: Menteri Teten Dorong Pedagang Mi Bakso Jualan Online

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.