Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Air Terjun Moramo, Sandiaga Uno Tekankan Pentingnya Keselamatan Bagi Wisatawan

Kompas.com - 26/08/2022, 21:10 WIB
Akhdi Martin Pratama

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mendatangi Desa Wisata Sumber Sari, Kendari. Pada kunjungannya dia bertemu dengan Dana Nugraha Suguna (60) sebagai salah satu pengelola desa dan juga tour guide wisata air terjun Moramo.

Sandiaga berbincang dengan Dana mengenai fasilitas keamanan di air terjun Moramo. Dia menekankan pentingnya keamanan bagi para wisatawan yang datang ke destinasi pariwisata tersebut.

Di tengah perbincangannya dia mengatakan bahwa ia telah menyiapkan berbagai alat keselamatan jika ingin berendam.

Baca juga: Sandiaga Uno Jajaki Peluang Kerja Sama Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Selandia Baru

"Hari ini Pak Dana menggagas lifeguard jadi kita sudah siapkan pelampung, ban, toa, pluit, maupun kelengkapan bagi desa wisata," kata Sandiaga Uno dalam keterangannya, Jumat (26/8/2022).

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu pun mengaku akan memberikan pelatihan lifeguard. Sehingga ini dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi anak muda untuk memandu wisatawan di air terjun Moramo.

"Untuk pelatihanya saya sudah instruksikan agar dapat membangun budaya keselamatan disini sehingga lifeguardnya dapat terlatih," ucapnya.

Baca juga: Respons Sandiaga Uno, KAI Siap Layani Wisawatan Gunakan Kereta Api

Sementara itu, Dana menyampaikan, bantuan ini dapat memberikan solusi keamanan bagi pengunjung, serta dapat membangkitkan ekonomi di desa.

"Dengan bantuan Mas menteri (Sandiaga Uno), kami harapkan pengelola bisa lebih bangkit ekonominya, safety, dan juga nyaman bagi pengunjung yang berwisata," kata Dana.

Dia menegaskan bantuan ini akan di jaga sebaik mungkin. Tak hanya itu, dia juga berharap Sandiaga dapat kembali mendatangi air terjun Moramo.

"Saya mengucapkan terima kasih atas segala bantuannya, semoga mas menteri dapat kembali mengunjungi air terjun Moramo," pungkasnya.

Baca juga: Hadapi Kenaikan Harga Bahan Pokok, Ini 3 Tips Sandiaga Uno untuk Emak-emak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com