Kompas.com - 27/08/2022, 14:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) kembali mencatat prestasi yang berhasil meraih penghargaan utama untuk kategori proses internal atas inovasi "Responsible Development Program" serta penghargaan kategori "Green Economy" untuk inovasi "Sistem Tanam Sapu Tangan Jarwo" pada IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2022.

Direktur Keberlanjutan dan Komunikasi Grup ANJ Nunik Maharani mengatakan, pihaknya selalu berupaya untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan dengan menerapkan pendekatan-pendekatan yang inovatif, ramah lingkungan, dan memberdayakan.

"Kami sangat berterima kasih atas apresiasi yang diberikan IDX Channel atas komitmen dan program-program kami," ujarnya dalam siaran persnya dikutip Kompas.com, Sabtu (27/8/2022).

Baca juga: Kuartal I-2022, ANJ Catatkan Kenaikan Laba Bersih 261,9 Persen

Dia menjelaskan, perusahaan memiliki berbagai inisiatif melalui Program Pengembangan Bertanggung Jawab (Responsible Development/RD) yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat setempat.

Dimulai sejak tahun 2018, program RD dibangun berdasarkan tiga pilar (3P), yaitu kesejahteraan manusia (People), penatalayanan sumber daya alam dan pengelolaan lingkungan (Planet) dan kelangsungan ekonomi jangka panjang (Prosperity).

Program RD merupakan aksi nyata dari seluruh karyawan Grup ANJ mulai dari Direktur Utama hingga staf dalam meningkatkan kontribusi pada visi perusahaan meningkatkan kualitas kehidupan manusia dan alam.

"Setiap proyek dalam program RD memiliki tujuan jelas yang terkait dengan upaya memperkuat ketahanan ekonomi, sosial dan lingkungan," jelas Nunik.

Kemudian untuk proyek inovatif di bidang pertanian yaitu Sistem Tanam Sapu Tangan Jarwo atau Sawah Apung yang dilakukan di PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), anak perusahaan ANJ di Belitung Timur adalah salah satu contoh proyek di bawah Program RD.

Proyek ini memperkenalkan teknik penanaman padi terapung dengan sistem tanam jajar legowo pada petani-petani lokal.

Pada tahun 2021 proyek ini berkontribusi dalam pencapaian PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.