Ojol dan Penumpang Tertabrak di Duri Kosambi, KAI Imbau Masyarakat Tak Buka Perlintasan Liar

Kompas.com - 27/08/2022, 15:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Daop 1 Jakarta menyayangkan dan turut berdukacita atas kecelakaan yang melibatkan pengemudi ojek online dengan kereta api di perlintasan sebidang tanpa palang di Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, pada Jumat (26/8/2022).

"Atas kejadian laka sepeda motor yang melintas di KM 8+9 lintas Duri - Rawabuaya yang menemper KRL KA 2334 pada jumat 26 Agustus 2022, Daop 1 Jakarta sangat menyayangkan kejadian tersebut serta turut prihatin dan mengucapkan duka yang mendalam," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/8/2022).

Eva meminta masyarakat untuk tidak membuka perlintasan liar dan memilih menggunakan perlintasan resmi yang ada demi keselamatan.

Baca juga: Diduga Terobos Pelintasan di Duri Kosambi, Pengemudi Ojek dan Penumpang Tertabrak Kereta

"Pada perlintasan liar, kami mengimbau masyarakat lebih berhati-hati agar tidak sembarangan menyeberang dengan memastikan tidak ada kereta yang akan melintas," ujarnya.

Eva juga meminta pengguna jalan yang akan melintasi perlintasan KA resmi dan terjaga tidak menerobos atau membuka palang perlintasan secara paksa.

"Untuk perlintasan resmi yang tidak terjaga, masyarakat sebelum melintas diperlintasan, wajib berhati-hati, perhatikan rambu-rambu EWS (Early Warning System) / sirine serta tengok kanan kiri pastikan tidak ada kereta yang akan melintas," tuturnya.

Di samping itu, Eva mengatakan, upaya keselamatan terus dilakukan, salah satunya menutup perlintasan liar sesuai aturan perlintasan sebidang mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2007 Tentang Perkeretaapian.

Ia mengatakan, untuk Daop 1 Jakarta, total ada 455 perlintasan yang terdiri dari 122 perlintasan dijaga KAI, 77 perlintasan tidak dijaga, 60 perlintasan dijaga non KAI dan 196 perlintasan liar.

"Daop 1 Jakarta bersama DJKA sejak Januari 2022 sampai sekarang lebih dari 36 titik perlintasan dan 31 diantaranya perlintasan liar sudah dilakukan penutupan," ucap dia.

Sebelumnya diberitakan, seorang pengemudi ojek online dan penumpangnya tertabrak kereta api di perlintasan sebidang tanpa palang di Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, pada Jumat (26/8/2022).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.