Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Sediakan Kapal Perintis Rute Sulteng-Kalimantan, Jadi Akses ke IKN

Kompas.com - 28/08/2022, 20:05 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Teluk Palu meresmikan penggunaan kapal perintis baru yaitu KM Sabuk Nusantara 89.

Kapal perintis KM Sabuk Nusantara 89 itu akan melayani konektivitas antar kota dan kabupaten di Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Kalimantan dengan rute Palu-Samarinda-Bontang-Ogoamas-Malala-Tolitoli-Maratua.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub, Hendri Ginting mengatakan, KM Sabuk Nusantara 89 merupakan sarana transportasi laut yang bisa memudahkan masyarakat Sulawesi Tengah. Selain masyarakat juga dapat memanfaatkan kapal perintis tersebut sebagai transportasi untuk berdagang lintas kota/kabupaten dan provinsi.

Baca juga: Kemenhub Tambah Kapal Perintis di Pelabuhan Wilayah Timur Indonesia

"KM Sabuk Nusantara 89 ini selain menjadi sarana transportasi juga diharapkan dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (28/8/2022).

Di sisi lain, menurut Bupati Donggala Kasman Lassa, kapal perintis ini akan turut mempermudah akses masyarakat Donggala, Sulawesi Tengah, menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berada di Kalimantan Timur.

"Kehadiran kapal perintis ini adalah jawaban dari doa masyarakat Donggala yang selama ini merindukan transportasi langsung menuju IKN di Kalimantan,” kata dia.

KM Sabuk Nusantara 89 merupakan kapal perintis yang bisa menampung 450 penumpang dengan melayani rute perintis kota dan kabupaten di Sulawesi Tengah serta Kalimantan. Hadirnya kapal ini diharapkan bisa mempermudah akses warga yang akan menuju ke kota-kota kecil di Sulawesi Tengah serta Kalimantan.

Baca juga: Antisipasi Penyebaran PMK, Kemenhub Optimalkan Kapal Ternak Pendukung Swasembada Daging

Sesuai dengan fungsinya, tarif yang dikenakan pada kapal perintis ini pun relatif murah dengan fasiliyas yang memadai.

Tarif KM Sabuk Nusantara 89 mulai dari yang termurah dikenakan Rp 5.498 untuk ruas Malala-Toli-Toli dan sebaliknya. Sementara tarif tertinggi dikenakan Rp 19.026 per orang untuk ruas Wani-Samarinda dan sebaliknya.

Adapun untuk fasilitasnya, kapal perintis ini dilengkapi fasilitas standar keamanan pelayaran, serta beragam fasilitas lainnya seperti ruangan full AC, kafe, tempat untuk tamu tidur dan terdiri dari berbagai kelas yaitu kelas satu dan dua, hingga ekonomi.

Baca juga: Mulai 17 Agustus, Tiket Kapal Feri Lintas Pelabuhan Ajibata-Ambarita Dapat Dipesan secara Online

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com