KILAS

Perluas Jargas di Jabar, PGN Gandeng MUJ Targetkan Pemasangan 472.032 SR

Kompas.com - 29/08/2022, 17:55 WIB

KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) selaku sub holding gas Pertamina bersama PT Migas Hulu Jabar (MUJ) berupaya untuk mengembangan jaringan gas (jargas) di Jawa Barat (Jabar).

Upaya tersebut diwujudkan PGN dengan menargetkan pemasangan jargas sebanyak 472.032 sambungan rumah tangga (SR) di wilayah Jabar.

Adapun wilayah Jabar tersebut, di antaranya Bekasi, Bogor, Depok, Karawang, Kuningan, Cirebon, Majalengka, Indramayu, Sukabumi, Bandung, dan Bandung Barat.

Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz menjelaskan bahwa kebutuhan energi gas bumi berdasarkan Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Jabar akan meningkat ke depannya.

“Tahun 2025, dibutuhkan sekitar 14,40 million tonne of oil equivalent (MTOE) dan 35,24 MTOE pada 2050,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (29/8/2022).

Baca juga: Datang ke Sijunjung, PGN Siapkan Investasi 40-50 Juta Dollar AS

Untuk menyelesaikan target itu, sebut Faris, dibutuhkan sinergi antara PGN dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar. Hal ini merupakan salah satu strategi percepatan program gasifikasi untuk mencapai target RUED.

Ia menjelaskan, PGN berencana membangankan jargas rumah tangga di Jabar sebanyak 122.315 SR pada 2022, 117.387 SR pada 2023, dan 117.387 SR di tahun 2024.

Untuk diketahui, kerja sama PGN dan MUJ telah tertuang dalam heads of agreement (HoA) pada Oktober 2022. Perjanjian ini terus ditindaklanjuti hingga mendapatkan dukungan penuh dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, kerja sama tersebut merupakan bentuk upaya pihaknya untuk mencari solusi pemenuhan energi bersih di Jabar.

Ia berharap, MUJ dan PGN bisa menjalankan kerja sama ini dengan mengedepankan layanan publik. Menurutnya, PGN dan MUJ harus memandang program jargas sebagai public service obligation atau kewajiban pelayanan publik.

Baca juga: Tingkatkan Pelayanan Publik, Kemenhub Luncurkan Aplikasi Sipandu

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.