Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Berencana Integrasikan MRT, LRT, KRL, dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kompas.com - 29/08/2022, 18:04 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana mengintegrasikan moda transportasi umum di Jakarta hingga ke Jawa Barat. Hal ini disampaikan oleh Erick usai Kick-off 30.000 UMKM BUMN Go Online, di Tennis Indoor Senayan Jakarta (29/8/2022).

Erick mengatakan, nantinya Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT), Commuter Line (KRL) dan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan diintegrasikan ke sejumlah kawasan di Jawa Barat.

Dia bilang, untuk tahap awal integrasi yang akan dilakukan yakni antara MRT, LRT, dan KRL.

“Jadi dalam membangun apapun itu enggak boleh sendiri-sendiri, harus disinergikan. Kemarin di rapat tahunan MPR-DPR bicara salah satunya, pembangunan nasional yang berkesinambungan dan terukur,” kata Erick.

Baca juga: Harga BBM Pertalite Dikabarkan Akan Naik, Stafsus Erick Thohir: Jangan Panic Buying

Terkait pembangunan tersebut, Erick menyebut terdapat roadmap jangka panjang Indonesia sampai dengan tahun 2045. Erick mengatakan, ditargetkan beberapa jembatan, konektivitas kereta api, bandara, bendungan perlu disinergikan.

“Kalau ingat di awal-awal, langsung dikordinasikan dengan Gubernur DKI Jakarta, salah satunya bagaimana menyambungkan MRT, KRL, yang berputar di Jakarta, dan antar kota. Itu harus disinergikan, dan untuk itu kita sedang melakukan perubahan,” lanjut Erick.

Baca juga: Kapan PMN Untuk Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Cair? Ini Jawaban Kemenkeu

 

Timothy Afryano Pencairan PMN untuk proyek KCJB


Erick menambahkan, saat ini pihaknya sedang memperbaiki rencana tersebut. Dimana, kereta api antar kota tidak berhenti di Stasiun Gambir Jakarta, dan akan membangun fasilitas yang memadai di Stasiun Manggarai Jakarta.

Dia bilang, hal ini sudah dikordinasikan dengan Menteri Perhubungan.

“Lagi dibagusin, contoh yang namanya kereta api antar kota, tidak lagi berhenti di Gambir, kita akan bangun fasilitas memadai di Manggarai. Saya dan pak Menhub sedang berkordinasi, supaya Commuter Line bisa tersambung sampai ke tengah kota,” lanjut Erick.

Baca juga: Erick Thohir: UMKM Mendorong Ekonomi Indonesia, Tidak Boleh Ditinggalkan...

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com