Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Revitalisasi Rampung, Bandara Halim Perdanakusuma Kembali Beroperasi September 2022

Kompas.com - 30/08/2022, 13:30 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan, revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma telah rampung dilakukan sejak Juli 2022. Ia mengatakan, Bandara Halim Perdanakusuma akan mulai beroperasi mulai 1 September 2022.

"Memang rencananya September ini Bandara Halim Perdanakusuma sudah beroperasi untuk komersial," kata Adita saat dihubungi Kompas.com, Selasa (30/8/2022).

Adita mengatakan meski revitalisasi sudah rampung, saat ini Bandara Halim Perdanakusuma masih digunakan untuk penerbangan militer dan VIP.

Baca juga: Mulai 1 September 2022, Citilink Kembali Beroperasi di Bandara Halim Perdanakusuma

"Revitalisasi sudah selesai Juli lalu dan masih digunakan sementara hanya untuk militer dan VIP," ujarnya.

Adapun revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma dikerjakan sejak Januari 2022.

Pada Juli 2022, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan uji coba landasan pacu atau runway hasil revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma.

Untuk diketahui, langkah revitalisasi dilakukan untuk memperbaiki fasilitas sisi darat maupun udara, dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan.

Baca juga: Soal BBM Subsidi, Ekonom Sebut Komunikasi Pemerintah Membingungkan Masyarakat


Mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2022, lingkup pekerjaan revitalisasi berupa penyehatan runway dan landasan hubung (taxiway), serta peningkatan kapasitas landasan parkir (apron) pesawat udara Naratetama dan Naratama.

Pekerjaan revitalisasi juga mencakup renovasi gedung Naratetama dan Naratama, renovasi bangunan operasi, perbaikan sistem drainase di dalam bandar udara, dan penataan fasilitas lain yang perlu disesuaikan akibat pekerjaan revitalisasi.

Baca juga: Seputar Alih Kelola Bandara Halim Perdanakusuma: Perlu Izin Kemenkeu hingga Bantahan Lion Air

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com