Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Minta AP II Siapkan Fasilitas Penunjang Operasional Penerbangan Komesial di Bandara Halim Perdanakusuma

Kompas.com - 30/08/2022, 19:15 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara memastikan seluruh fasilitas Bandara Halim Perdanakusuma, baik sisi darat dan sisi udara untuk kembali melayani penerbangan komersial mulai 1 September 2022.

Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono meminta PT Angkasa Pura II (AP II) selaku Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Bandara Halim Perdanakusuma agar menyiapkan seluruh fasilitas penunjang operasional penerbangan komersial di Bandara Halim Perdanakusuma guna kelancaran layanan penerbangan.

"Kami telah melakukan proses verifikasi terhadap fasilitas di gedung terminal dan telah ditindaklanjuti oleh AP II," kata Nur Isnin dalam keterangan tertulis, Senin (30/8/2022).

Baca juga: Revitalisasi Rampung, Bandara Halim Perdanakusuma Kembali Beroperasi September 2022

Nur Isnin meminta AP II melakukan koordinasi penuh dengan TNI AU dan stakeholder lainnya untuk memastikan aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan serta pemenuhan terhadap seluruh regulasi.

Ia mengatakan, Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Soekarno-Hatta yang juga dikelola oleh AP II dapat saling mendukung dalam memberikan layanan penerbangan bagi masyarakat.

"Hal ini perlu dilakukan guna berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi ini dan juga menjadi pendorong utama pertumbuhan sektor penerbangan nasional," ujarnya.

Lebih lanjut, Nur Isnin optimistis pengoperasian kembali Bandara Halim Perdanakusuma dapat meningkatkan konektivitas dan meningkatkan utilitas armada sehingga berkontribusi terhadap upaya pemberlakuan tarif yang lebih terjangkau.

Selain itu, ia mengingatkan AP II melakukan penyesuaian pengaturan rute penerbangan terutama beberapa rute yang dialihkan ke bandara lain.

Baca juga: Mulai 1 September 2022, Citilink Kembali Beroperasi di Bandara Halim Perdanakusuma

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung penuh hingga Bandara Halim siap dioperasikan kembali, terutama kepada TNI AU dan Kementerian Pertahanan. Juga apresiasi kepada PT. Angkasa Transportindo Selaras sebagai pengelola pemanfaatan aset lahan dan PT. Angkasa Pura II sebagai pengelola bandar udara, yang telah mencapai solusi terkait aspek bisnis/komersial," ucap dia.

Adapun revitalisasi Bandara Halim Perdana Kusuma dikerjakan sejak Januari 2022.

Pada Juli lalu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan uji coba landasan pacu atau runway hasil revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma.

Untuk diketahui, langkah revitalisasi dilakukan untuk memperbaiki fasilitas sisi darat maupun udara, dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan.

Mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2022, lingkup pekerjaan revitalisasi berupa penyehatan runway dan landasan hubung (taxiway), serta peningkatan kapasitas landasan parkir (apron) pesawat udara Naratetama dan Naratama.

Pekerjaan revitalisasi juga mencakup renovasi gedung Naratetama dan Naratama, renovasi bangunan operasi, perbaikan sistem drainase di dalam bandar udara, dan penataan fasilitas lain yang perlu disesuaikan akibat pekerjaan revitalisasi.

Baca juga: Duduk Perkara Sengketa Bandara Halim Perdanakusuma

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com