Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Pagi Hari Dibuka Melemah, Dollar AS Setara Rp 14.851

Kompas.com - 31/08/2022, 10:40 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pada sesi perdagangan Rabu (31/8/2022) pagi bergerak melemaht. Koreksi ini disebabkan oleh sentimen eksternal yang mendongkrak indeks dollar AS.

Mengacu kepada data Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dibuka pada level Rp 14.845 per dollar AS, melemah dibanding level penutupan sebelumnya sebesar Rp 14.842,5 per dollar AS.

Terpantau nilai tukar rupiah terus bergerak melemah, di mana sampai dengan pukul 09.50 WIB nilai tukar rupiah terhadap dollar AS berada pada posisi Rp 14.851 dollar AS, turun tipis 8,5 poin atau 0,06 persen.

Baca juga: Mengekor Wall Street, IHSG Dibuka di Zona Merah

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan, indeks dollar AS menguat terhadap sejumlah mata uang, setelah data keyakinan konsumen dan pembukaan pekerjaan AS tercatat lebih kuat dari perkiraan.

Tercatat, data keyakinan konsumen atau Consumer Confidence AS naik menjadi 103,2 dari sebelumnya 95,3, lebih tinggi dari yang perkiraan, 98,0. Sementara itu, data pembukaan pekerjaan atau Job Openings tercatat 11,24 juta, lebih tinggi dari yang perkiraan, 10,38 juta.

"Data AS yang lebih kuat mendorong ekspektasi yang lebih tinggi terhadap Fed untuk mempertahankan sikap hawkish dalam waktu dekat," ujar Josua, kepada Kompas.com, Rabu.

Baca juga: Turun Rp 8.000 Per Gram, Simak Rincian Harga Emas Antam Hari Ini

Adapun pada pagi hari ini, rupiah menjadi mata uang yang mengalami koreksi paling dalam di Asia, mengekor Baht Thailand yang anjlok 0,21 persen.

Sementara itu, sejumlah mata uang Asia lainnya, mulai dari dollar Singapura, dollar Hong Kong, won Korea Selatan, rupee India, yuan China, hingga ringgit Malaysia, menguat terhadap dollar AS.

Baca juga: Harga Minyak Mentah Anjlok Lebih dari 5 Persen, Apa Sebabnya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com