Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga BBM Nonsubsidi Turun, Pengamat: Seperti "Gimmick"

Kompas.com - 01/09/2022, 12:20 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pertamina menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi mulai Kamis (1/9/2022).

Berdasarkan situs resmi MyPertamina, beberapa jenis BBM yang turun harga mencakup Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite. Sementara itu, harga Pertamax dan Pertalite tidak berubah.

Harga BBM nonsubsidi jenis Pertamax Turbo mengalami penurunan Rp 2.000 per liter, Dexlite turun Rp 700 per liter, dan Pertamina Dex turun Rp 1.500 per liter.

Pengamat kebijakan publik Trubus Rahardiansyah menilai, penurunan harga BBM nonsubsidi itu merupakan strategi untuk meredam kepanikan di masyarakat.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Harga Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex Turun

“Pemerintah melakukan ini tujuannya lebih kepada supaya masyarakat tidak panik, dan situasi tetap kondusif,” kata Trubus saat dihubungi Kompas.com, Kamis (1/9/2022).

Menurut dia, dengan menurunkan harga BBM nonsubsidi, secara tidak langsung diharapkan dapat mendorong peralihan konsumen dari BBM subsidi menjadi ke BBM nonsubsidi.

“Apa yang dilakukan pemerintah saat ini, sebelum benar-benar menaikkan harga BBM subsidi, seperti gimmick. Itu nantinya juga akan ke sana (menaikkan harga BBM subsidi). Tapi takut masyarakat shock, jadi dibikin model seperti itu, kan kalau BBM non subsidi diturunkan dulu masyarakat beralih (ke BBM non subsidi). Supaya tenang, enggak gaduh, dan enggak demo,” ucap dia.

Sebelumnya, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting membenarkan bahwa BBM non subsidi jenis Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite diturunkan harganya saat ini. Namun, ia masih belum memberikan keterangan lebih lanjut.

“Betul (harga BBM bon subsidi diturunkan),” jawabnya singkat.

Sebagai upaya untuk mengurangi tekanan di masyarakat jelang kenaikan BBM subsidi, pemerintah juga telah mengucurkan bantalan sosial, berupa bantuan langsung tunai (BLT) atas pengalihan subsidi BBM senilai Rp 24,17 triliun yang dilakukan pada Rabu (31/8/2022).

Adapun tujuan BLT BBM ini adalah untuk meningkatkan daya beli masyarakat tersebut merespons kecenderungan kenaikan harga akibat pengaruh global. BLT BBM ini merupakan satu dari tiga bantuan tambahan dari pemerintah, dengan total anggaran sekitar Rp 24,17 triliun.

Penyerahan BLT BBM diberikan kepada 20,6 juta masyarakat penerima manfaat dengan besaran bantuan Rp 150.000 per orang selama empat bulan. Nantinya, setiap orang menerima Rp 600.000, dan pemberian BLT BBM itu akan dilakukan sebanyak dua kali.

Baca juga: Harga BBM Bakal Naik, Simak Cara Cek Penerima BLT BBM Rp 600.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com