Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Juli 2022, Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp 894,49 Triliun

Kompas.com - 02/09/2022, 17:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk telah menyalurkan kredit sebesar Rp 894,49 triliun hingga akhir Juli 2022, atau tumbuh 11,38 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, pertumbuhan pembiayaan tersebut ditopang oleh dua segmen utama perseroan, yaitu wholesale banking dan retail banking.

Dari sisi wholesale banking, bank pelat merah ini mencatatkan realisasi sebesar Rp 590,51 triliun, meningkat 10,8 persen secara tahunan.

Baca juga: Gelar RUPST, GMF Aero Asia Rombak Jajaran Direksi

Bila dirinci, pertumbuhan wholesale banking yang menjadi andalan perseroan ini disumbang oleh pertumbuhan kredit pada corporate banking sebesar 7,69 persen secara yoy. Sementara untuk segmen ritel, terdapat kenaikan 12,53 persen secara yoy.

Dia mengatakan, berdasarkan hasil Tim Ekonom Bank Mandiri pertumbuhan ekonomi domestik masih memiliki ruang untuk tumbuh.

Untuk itu, perseroan akan terus mendorong pertumbuhan kredit khususnya pada sektor yang masih mencatat peningkatan antara lain perkebunan, jasa konstruksi infrastruktur, industri makanan dan minuman, energi dan air, serta jasa keuangan.

"Dengan kondisi makroekonomi yang semakin membaik, kami optimis kredit Bank Mandiri mampu tumbuh di kisaran 11 persen yoy secara konsolidasi hingga akhir tahun," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (2/9/2022).

Perbaikan dari sisi kinerja kredit Bank Mandiri pun diikuti dari posisi likuiditas masih baik. Hal ini terlihat dari posisi loan to deposit ratio (LDR) bank only Bank Mandiri per Juli 2022 yang terjaga pada level 87,48 persen, dengan tren pertumbuhan dana pihak ketiga yang optimal serta didominasi oleh dana murah (CASA).

Baca juga: Mudah, Ini Cara Dapat Cashback 50 Persen di XXI

Sementara per Juli 2022, total dana pihak ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun Bank Mandiri secara bank only telah mencapai Rp 1.013,08 triliun, tumbuh 8,78 persen yoy.

Hal ini juga diikuti oleh peningkatan rasio CASA Bank Mandiri secara bank only yang terus membaik menjadi 75,82 persen per Juli 2022 dari periode setahun sebelumnya 73,76 persen.

"Pertumbuhan tersebut antara lain disumbang oleh CASA yang naik 11,82 persen yoy di akhir Juli 2022," kata Rudi.

Dalam mendukung kinerja di tahun ini, Bank Mandiri telah mempercepat transformasi digital. Salah satunya lewat dua produk digital unggulan, yakni Livin’ by Mandiri untuk ritel dan Kopra by Mandiri untuk nasabah wholesale.

"Dalam perjalanan transformasi digital, Bank Mandiri terus mengedepankan kenyamanan dan kebutuhan nasabah. Sehingga fitur-fitur dan layanan yang dihadirkan dapat menjadi solusi transaksi nasabah," tuturnya.

Baca juga: Cara Dapat Cashback 50 Persen Saat Jajan di McDonalds

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com