Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Harga Motor Listrik di Indonesia, Merek Gesits hingga Alva One

Kompas.com - 04/09/2022, 22:05 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite, Solar, dan Pertamax pada Sabtu (3/9/2022).

Harga BBM Pertalite naik dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter, kemudian Solar bersubsidi naik dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.800 per liter, serta Pertamax naik dari Rp 12.500 per liter menjadi Rp 14.500 per liter.

Di tengah kenaikan harga BBM, masyarakat bisa mencoba alternatif menggunakan motor listrik. Penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai dinilai dapat menghemat pengeluaran harian dan berdampak baik bagi udara yang bersih.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Perpanjang SIM Online Tanpa Antre dan Biayanya

Pada segmen roda dua, dalam keadaan saat ini, penghematan dimaksud bisa mencapai 50 persen dibandingkan kendaraan konvensional alias yang memakai bahan bakar minyak (BBM).
Selain itu, menggunakan kendaraan listrik disebut bisa membantu penghematan subsidi hingga Rp 600 miliar per tahun.

Namun demikian, harga motor listrik dan ketersediaan fasilitas pengisian daya listrik umum (SPKLU) maupun penukaran baterai umum (SPBKLU) masih menjadi alasan utama masyarakat enggan berpindah ke motor listrik.

Lantas berapa harga motor listrik di Indonesia?

Harga motor listrik

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com sebelumnya, berikut beberapa merek motor listrik di Indonesia serta rincian harganya.

1. Gesits

Dilansir dari laman resmi Gesits, motor listrik Gesits memiliki tenaga listrik dengan daya motor 5KW dengan jenis baterai Lithium-ion 72 Volt/20 Ah. Dalam sektor pengisian daya, motor listrik Gesits membutuhkan waktu 3-4 jam.

Motor listrik ini bisa digunakan untuk berkendara sejauh sekitar 50 kilomter untuk baterai tunggal dan 100 kilometer untuk baterai ganda. Harga motor listrik Gesits dibanderol di angka Rp 28 jutaan.

Baca juga: Lowongan Kerja BUMN PT Berdikari untuk Lulusan D3-S1, Ini Syaratnya

2. Volta

PT Volta Indonesia Semesta juga meluncurkan motor listrik Volta 401 dengan menerapkan Battery Replacement System alias Sistem Ganti Baterai (SGB).

Motor listrik ini mengandalkan baterai 60V20Ah Lithium-ion dengan motor bertenaga 1,5 KW. Adapun pengisian dayanya membutuhkan waktu 6-8 jam. Dilansir dari laman resminya, harga motor listri Volta 401 berkisar mulai dari Rp 15,7 juta.

3. ECGO 2

Dikutip dari Kompas.com (2020), Motor listrik ECGO-2 pertama kali meluncur di GIIAS 2019. Motor listrik ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 11 juta.

Motor listrik ECGO mampu melaju maksimal 60 km/jam dengan jarak tempuh 70 km. Menariknya, motor listrik ini menawarkan konsep sewa baterai kepada para pembelinya dengan harga Rp 95 ribu per 30 hari.

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 44 Dibuka, Daftar di www.prakerja.go.id

4. Viar Q1

Merek motor listrik di Indonesia berikutnya adalah Viar Q1. Motor ini kerap menjadi armada layanan transportasi online Grab dalam setahun terakhir.

Motor listrik Viar Q1 menggunakan baterai Lithium-Ion 60v 23 Ampere dengan tenaga penggerak 800 Watt. Waktu pengecasannya membutuhkan 4-5 jam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com