Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OneAset Permudah Masyarakat Jual Karya Jadi NFT

Kompas.com - 05/09/2022, 22:00 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform investasi aset digital OneAset berencana untuk fokus menggarap salah satu instrumen investasi digital yang sempat marak digandrungi oleh masyarakat, yakni non fungible token atau NFT.

Presiden Direktur OneAset Breggy Anderson mengatakan, sejak resmi meluncur 7 Juli kemarin, pihaknya telah menghasilkan puluhan ribu karya NFT, yang mencakup karya seni, fotografi, hingga literatur.

"Kehadiran marketplace NFT di aplikasi OneAset sendiri diharapkan untuk bisa menjadi wadah baru bagi kreator lokal Indonesia dari berbagai bidang untuk memamerkan karya serta menjangkau pasar yang lebih luas," ujar dia, dalam keterangannya, Senin (5/9/2022).

Baca juga: Indodax Lelang Lukisan Yenny Wahid dalam Bentuk NFT

Lebih lanjut Ia bilang, pengguna aplikasi marketplace NFT OneAset dapat melihat koleksi NFT unggulan sekaligus melakukan interaksi dalam koleksi tersebut.

 Adapun untuk proses jual beli, penjual bisa dengan mudah membuat NFT sendiri dengan cara masuk ke menu NFT kemudian pilih 'Buat NFT' di pojok kanan atas, lalu pilih gambar NFT yang mau di-listing baik itu foto, karya seni, maupun literatur.

"Jangan lupa isi deskripsi uniknya untuk menarik perhatian para pengguna lainnya," kata Breggy.

Baca juga: Mocca, Metaverse, dan NFT

Deta Putri NFT dan Metaverse Sebuah Peluang Baru untuk Pelaku Ekonomi Kreatif


Kemudian, penjual juga bisa menentukan royalti kreator yang diinginkan, mulai dari satu hingga 10 persen (penghasilan tambahan yang akan diterima saat item NFT terjual), harga jual, dan durasi jual.

Setelah itu, penjual bisa langsung melakukan pembayaran biaya listing dan gas fee (biaya transaksi blockchain) via rekanan bank (virtual account) yang sudah bekerja sama dengan aplikasi OneAset.

Baca juga: Strategi OneAset Tingkatkan Literasi Investasi Masyarakat

Breggy berharap, kehadiran OneAset dapat menjadi wadah suatu komunitas, di mana para kreator NFT dengan para pengguna bisa berinteraksi satu sama lain.

"NFT sendiri berpeluang untuk mendorong karya para kreator lokal di Indonesia baik secara nasional dan internasional dengan karya-karya mereka," ucapnya.

Baca juga: Baru Buka Maret 2022, OneAset Catatkan Nilai Transaksi Emas Digital Rp 600 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com