Kompas.com - 06/09/2022, 10:05 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pada sesi perdagangan Selasa (6/9/2022) dibuka menguat. Ini selaras dengan meredanya sentimen kenaikan suku bunga acuan bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed).

Mengacu kepada data Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dibuka pada level Rp 14.887 per dollar AS, menguat dibanding level penutupan sebelumnya sebesar Rp 14.907 per dollar AS.

Setelah dibuka menguat, nilai tukar rupiah bergerak fluktuatif namun tetap berada di zona positif. Sampai dengan pukul 09.40 WIB nilai tukar rupiah terhadap dollar AS berada pada posisi Rp 14.882 dollar AS, mengatakan 25 poin atau 0,17 persen.

Baca juga: Tertekan Sentimen BBM, Nilai Tukar Rupiah Ditutup Melemah ke Rp 14.907 Per Dollar AS

Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra mengatakan, pada sesi perdagangan hari ini rupiah berpotensi bergerak cenderung menguat terhadap dollar AS. Sentimen pasar terhadap aset berisiko dinilai cukup positif.

Sentimen pasar terhadap kenaikan suku bunga acuan the Fed yang agresif terlihat berkurang. Dari Fedwatch tool, ekspektasi yang mengharapkan kenaikan 75 basis poin, turun menjadi 60 persen dari sebelumnya 71 persen di pekan lalu.

"Indikasi pelambatan ekonomi AS mungkin menurunkan ekspektasi pasar tersebut," kata Ariston, kepada Kompas.com, Selasa.

Baca juga: Nilai Tukar Rupiah Ditutup Melemah, Dollar AS Setara Rp 14.883

Terpantau sejumlah mata uang Asia turut menguat pagi hari ini, mulai dari yen Jepang (0,05 persen), dollar Singapura (0,09 persen), won Korea Selatan (0,09 persen), peso Filipina (0,07 persen), ringgit Malaysia (0,03 persen), hingga baht Thailand (0,39 persen).

Namun demikian, Ariston menilai, nilai tukar rupiah masih berpotensi melemah, tertekan oleh potensi lonjakan inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi dan resesi global.

"Tekanan untuk rupiah belum hilang," ucap Ariston.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.