Manfaatkan Potensi Bisnis Fesyen Muslim di Indonesia, Mahasiswi Ini Sukses Ekspor Hijab ke Singapura

Kompas.com - 07/09/2022, 06:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbisnis hijab secara online di e-commerce kini menjadi peluang besar bagi siapa saja untuk dapat memiliki ekonomi mandiri. Terlebih, bagi pelaku usaha di Indonesia.

Indonesia sendiri menjadi rumah bagi sekitar 231 juta penduduk Muslim atau setara dengan 86,7 persen populasi Indonesia.

Hal inilah yang dimanfaatkan oleh seorang mahasiswi semester 7 asal Surabaya, Annisa Amalia Sholihah, untuk mengembangkan usaha fesyen muslim. 

Muslimah yang sedang mengemban kuliah jurusan Psikologi ini melihat banyaknya permintaan masyarakat dalam mencari hijab dengan ukuran tepat dan mudah digunakan di segala aktivitas.

Baca juga: Cerita Afrizal, Jualan Bumbu di Pasar Sukses Raup Omzet Ratusan Juta Rupiah, Ini Resepnya

Annisa pun memanfaatkan peluang itu dengan produksi hijab multifungsi yang dia beri nama Ninja Hatory by Ayysee. Produk hijab yang dapat digunakan sebagai dalaman atau luaran ini telah terjual sebanyak lebih dari 10.000 produk secara online di Shopee dalam kurun waktu 2 tahun. 

Sebelumnya, Annisa memiliki keinginan kuat untuk dapat berpenghasilan secara mandiri karena ingin kuliah dengan biaya sendiri. Saat lulus SMK tahun 2018, Annisa justru mengutamakan membuka usaha.

“Sebenarnya saya ingin sekali langsung kuliah. Namun karena belum ada cukup biaya, saya berpikir untuk buka usaha dulu. Jadi setelah lulus SMK, saya coba produksi sendiri pashmina dan promosi di media sosial,” tutur Annisa dalam siaran pers Shopee yang dikutip Kompas.com, Rabu (7/9/2022).

Setahun berjalan, Annisa masih terus mempelajari strategi berjualan yang tepat secara online. Di sisi lain, dia ingin mewujudkan keinginannya untuk kuliah.

“Saat di tahun 2019 saya belum percaya diri untuk kuliah dengan biaya dari hasil berjualan pashmina di media sosial. Akhirnya saya mencari beasiswa dan tetap belajar berbisnis,” ungkap wanita berusia 21 tahun itu. 

Setelah memasuki semester 2 kuliah di Surabaya, Annisa juga memiliki keinginan untuk lebih serius memasarkan produknya. Dia pun membuka toko Ayysee di Shopee pada tahun 2020.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.