Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKI Siap Bantu PT PAL Indonesia Bangun Kapal Perang

Kompas.com - 07/09/2022, 10:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan PT PAL Indonesia terkait kerja sama bidang operasi dan pengembangan bisnis dalam rangka mendukung kemajuan industri maritim nasional.

Direktur Utama PT BKI Rudiyanto mengatakan, dalam kegiatan bisnis, BKI sebagai lead holding memiliki Sucofindo dan Surveyor Indonesia sebagai anak perusahaan yang dapat dimanfaatkan untuk lebih berkontribusi pada industri-industri lain dari hulu ke hilir.

“Kami siap membantu PT PAL Indonesia dalam pembangunan kapal, khususnya kapal perang dari sisi teknologi dan konsep pemastian pada kegiatan testing, inspection, certification, classification dan statutory sebagai panduan utama,” ujar Rudiyanto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/9/2022).

Baca juga: PT PAL Dapat Lisensi Bikin Kapal Perang Canggih dari Inggris

PT PAL Indonesia sendiri sebagai salah satu BUMN menangani industri strategis yang memproduksi alat utama sistem pertahanan Indonesia, khususnya untuk matra laut.

Menurut Rudiyanto, dalam hal peningkatan kompetensi ada beberapa kerja sama lain yang bisa dilakukan yaitu dengan mengadakan pertukaran personel antara dua entitas.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod mengungkapkan, pertemuan kali ini dengan BKI bisa memberikan dukungan berupa sertifikasi dan kerja sama lainnya.

“Kolaborasi ini akan meningkatkan confidence dari insan-insan BUMN yang terikat dalam kerja sama ini, sehingga dapat meningkatkan kekuatan pada kedua belah pihak,” kata Kaharuddin.

Baca juga: Kurangi Efek Gas Rumah Kaca, BKI Dukung Implementasi Pajak Karbon

Lebih lanjut Kaharuddin menjelaskan, kerja sama ini juga berkaitan dengan alokasi dana PMN tahun anggaran APBN 2021, yakni salah satunya dengan pembangunan fasilitas ship lift kapal selam.

Alih-alih melakukan import, PAL berkomitmen dalam implementasi kemandirian teknologi bekerjasama dengan rekan-rekan strategis dalam membangun fasilitas ship lift, beberapa di antaranya, yakni Pindad dan BKI.

Baca juga: Erick Thohir Rombak Jajaran Direksi PT PAL

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+