Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

4 Tips Bonding dengan Rekan Kerja yang Hemat dan Antiribet

Kompas.com - 07/09/2022, 17:00 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.comDunia kerja menuntut pekerja saling membaur dengan rekan satu tim, tidak peduli latar belakang, hobi, atau circle pergaulan.

Sebab, setiap pekerja mau tidak mau akan menghabiskan sebagian besar waktunya bersama rekan kerja.

Oleh karena itu, membangun dan menjaga hubungan baik dengan rekan kerja sangat penting untuk menciptakan kerja tim yang solid dan kompak.

Kekompakan sebuah tim dalam bekerja faktanya juga bisa membuat tim menjadi semakin kolaboratif sehingga bisa meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Namun, meningkatkan kinerja tim bukanlah sebuah hal yang mudah. Perbedaan karakter, cara kerja, dan pemikiran kerap kali menjadi tantangan tersendiri bagi setiap individu dalam sebuah tim.

Baca juga: Rekan Kerja Menyebalkan? Begini Cara Menghadapinya

Meskipun tidak bisa dibangun dalam waktu semalam, hubungan baik dengan rekan kerja dapat terus ditingkatkan dengan melakukan beberapa aktivitas bonding sederhana secara rutin.

Nah, supaya kamu bisa membangun hubungan dengan rekan kerja atau lebih kerasan di tempat kerja, berikut tiga tips super untuk mengadakan kegiatan bonding antirepot dan hemat di kantor.

1. Bermain gim bersama

Tak hanya untuk anak kecil, ternyata permainan sederhana juga dapat mencairkan hubungan antarpekerja.

Kamu bisa mengajak rekan kerjamu bermain gim yang melibatkan banyak partisipan saat istirahat atau setelah jam kerja selesai. Permainan itu, seperti werewolf, truth or dare, tebak kata, bahkan sambung lirik.

Jangan lupa, sediakan juga camilan yang dapat dinikmati bersama seluruh peserta, misalnya Paket Pizzaopolly Decker 1 dari Pizza E Birra yang berisikan dua jenis pizza dengan rasa berbeda atau Paket Luber Treat dari Luberger yang dijamin bisa buat suasana permainan makin hangat.

Baca juga: 10 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berpacaran dengan Rekan Kerja

2. Pesta karaoke

Meskipun sering dimulai dengan rasa malu-malu, karaoke ternyata dapat menjadi salah satu cara ampuh untuk membangun hubungan dengan rekan kerja agar semakin erat.

Karaoke bisa menjadi kesempatan agar kamu bisa semakin memahami kepribadian rekan kerjamu melalui lagu-lagu yang ia pilih.

Sebagai contoh, pada Jumat malam, kamu bisa memanfaatkan fasilitas ruang meeting kantor maupun ruangan khusus lainnya yang dilengkapi dengan proyektor dan sound system sederhana.

Ajak semua anggota tim untuk berpartisipasi dan menyumbang lagu. Semakin beragam genre dan lagu yang diputar, maka akan semakin ramai suasana yang tercipta.

Tak ada salahnya juga untuk menyiapkan camilan sederhana, seperti Es Kopi Susu dan Toast dari Kopi Janji Jiwa atau Popcorn dan Sistagor Cafe XXI yang legendaris.

Baca juga: 3 Tips Memilih Rekan Bisnis Tepat demi Kesuksesan Usaha

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com