Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Pergerakan Saham GOTO Usai Pengumuman Kenaikan Tarif Ojol

Kompas.com - 07/09/2022, 18:38 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi mengumumkan tarif baru ojek online (ojol) pada Rabu (7/9/2022) siang. Setelah ditunda pelaksanaannya, akhirnya tarif ojol akan mengalami penyesuaian pada 10 September 2022.

Dalam konferensi pers Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugianto menjelaskan, penyesuaian dilakukan terhadap biaya jasa batas bawah, batas atas, dan tentang biaya jasa minimal. Besaran penyesuaian juga disesuaikan dengan zonasi daerah.

"Komponen penghitungan jasa ojol itu ada biaya langsung dan biaya tidak langsung, untuk komponen biaya jasa ojol, ada tiga komponen, yaitu biaya atau pengemudi yaitu kenaikan UMR, asuransi pengemudi, jasa minimal order 4 km, dan kenaikan harga BBM," kata Hendro, dalam konferensi pers, Rabu.

Baca juga: Umumkan Tarif Ojol Naik, Kemenhub: Biaya Sewa Aplikasi Ojek Online Turun Jadi 15 Persen

Selain melakukan penyesuaian terhadap tarif, Kemenhub juga merubah ketentuan biaya sewa penggunaan aplikasi. Hendro mengatakan, terdapat perubahan biaya sewa penggunaan aplikasi yang sebelumnya ditetapkan sebesar 20 persen, kini menjadi 15 persen.

"Ada penurunan dari 20 perden menjadi 15 persen biaya sewa aplikasi," ujarnya.

Dengan adanya pengumuman tersebut, bagaimana dampaknya ke pergerakan saham operator ojol, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO)?

Baca juga: Tarif Baru Ojol di Jabodetabek, Tarif Batas Bawah Jadi Rp 2.550, Tarif Batas Atas Rp 2.800


Mengacu data RTI, pada sesi perdagangan Rabu, saham GOTO dibuka stagnan pada posisi Rp 282. Pada sesi pertama perdagangan, saham teknologi itu bergerak cenderung menguat, bahkan sempat menyentuh level Rp 294.

Adapun pasca pengumuman kenaikan tarif ojol disampaikan oleh Kemenhub, saham GOTO bergerak cenderung stagnan, bahkan sempat menyentuh zona merah jelang penutupan perdagangan. Namun, akhirnya saham GOTO ditutup stagnan pada level Rp 282.

Pada sesi perdagangan hari ini, jumlah saham GOTO yang ditransaksikan mencapai 1,05 miliar saham. Adapun nilai dari jumlah transaksi tersebut mencapai Rp 299,3 miliar.

Baca juga: Tarif Ojol Resmi Naik, Ini Daftar Tarif Ojol Terbaru Se-Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com