Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai PermataMobile X, Transfer Antarbank Bebas Biaya

Kompas.com - 08/09/2022, 15:59 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Permata Tbk memberikan layanan gratis biaya transfer antarbank melalui aplikasi PermataMobile X. Hal ini berlaku untuk metode BI Fast, online transfer, lalu lintas giro (LLG), maupun Real-Time Gross Settlement (RTGS).

Adapun program gratis transfer ini tanpa syarat dan tanpa batas waktu berlaku untuk semua pengguna aplikasi mobile banking PermataMobile X.

Direktur Retail Banking Bank Permata Djumariah Tenteram mengatakan, program gratis biaya transfer ini diluncurkan untuk mendukung bisnis UMKM dan memberikan keleluasaan kepada nasabah dalam bertransaksi.

Baca juga: Perbarui Aplikasi Mobile Banking, Bank Permata Targetkan Jumlah Pengguna Naik 30 Persen

"Kalau misalnya tidak dikenakan biaya, berarti mereka bisa lebih banyak beraktivitas, melakukan bisnis, ataupun transfer dan segala macam transaksi," ujarnya saat konferensi pers di Epicentrum Walk, Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Selain itu, Bank Permata juga menargetkan program ini dapat menambah jumlah nasabah, terutama nasabah dari sektor UMKM. Hal ini kata dia, sesuai dengan inisiatif Bank Indonesia (BI) saat meluncurkan BI Fast.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Permata Meliza M. Rusli mengatakan program gratis biaya transfer ini juga menjadi salah satu upaya Bank Permata untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

Pasalnya, hingga saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang berstatus unbankable atau belum memiliki rekening di bank.

Baca juga: Erick Thohir Sebut Ada Gap Rp 20,81 Triliun pada PMN 2023

"Kita juga membuka akses ini menjadi lebih ringan terutama untuk masyarakat yang tadinya unbankable belum mempunyai bank account. Karena mungkin mereka berpikir bahwa (memiliki rekening di bank) banyak admin fee," ujar Meliza di kesempatan yang sama.

Dengan adanya program gratis biaya transfer, maka diharapkan dapat menarik masyarakat yang unbankable untuk membuka rekening di Bank Permata.

Tak hanya nasabah perorangan, lanjutnya, Bank Permata juga menargetkan penambahan pembukaan rekening dari pelaku UMKM.

"Jadi ini sebenarnya inisiatif yang dikenalkan oleh BI untuk semakin memperbanyak jumlah nasabah di Indonesia yang selama ini belum memiliki buku tabungan," tukasnya.

Baca juga: Di Hadapan Delegasi G20, Suharso Ingatkan Pentingnya Perlindungan Sosial

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com