Agung Setiyo Wibowo
Author

Konsultan, self-discovery coach, & trainer yang telah menulis 28 buku best seller. Cofounder & Chief Editor Kampusgw.com yang kerap kali menjadi pembicara pada beragam topik di kota-kota populer di Asia-Pasifik seperti Jakarta, Singapura, Kuala Lumpur, Manila, Bangkok, Dubai, dan New Delhi. Founder & Host The Grandsaint Show yang pernah masuk dalam Top 101 podcast kategori Self-Improvement di Apple Podcasts Indonesia versi Podstatus.com pada tahun 2021.

Mendongkrak Produktivitas di Abad Digital

Kompas.com - 09/09/2022, 08:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

DUNIA bergerak begitu cepat. Apalagi saat ini kita hidup di abad digital. Era yang membuka peluang tak terbatas bagi orang-orang yang mau berpikir dan bergerak.

Setiap detik jutaan orang meraup cuan demi cuan dari telepon genggamnya. Di sisi lain, setiap detik jutaan orang semakin tertinggal karena tidak mampu (lebih tepatnya tidak mau) beradaptasi.

Anda masuk di golongan mana? Apakah Anda hanya terlihat sibuk setiap saat atau benar-benar produktif?

Internet memang bak pisau bermata dua. Di satu sisi internet membuat akses kita untuk meraup, mengembangkan diri, atau berkomunikasi semakin mudah dan murah.

Di sisi lain, ketidakcerdasan memanfaatkan internet justru membuat begitu banyak orang semakin mager (malas bergerak) karena menghabiskan waktunya untuk "bermain" di media sosial.

Yang lebih miris, internet dijadikan sebagian orang untuk menyebarkan informasi hoaks, ujaran kebencian, pemutarbalikan fakta, provokasi dan seterusnya.

Tidak ada salahnya memang untuk menghabiskan waktu bermenit-menit atau berjam-jam untuk memelototi media sosial setiap harinya. Namun jika kita tidak mampu menggunakannya dengan bijak, kita justru menjadi orang yang merugi.

Lantas, bagaimana cara menjadi produktif di abad digital? Ada beberapa tips yang terbukti ampuh saya praktikkan maupun oleh puluhan juta orang lainnya di berbagai belahan dunia sebagai berikut.

Pertama, fokus pada prioritas. Setiap hari, kita pasti disuguhkan dengan berderet tugas yang perlu diselesaikan. Dengan menyaring tugas mana saja yang mendesak dan tidak, menjadikan diri kita produktif.

Senantiasa periksa gol-gol atau proyek-proyek yang sedang Anda pegang. Pastikan Anda mengetahui tenggat waktunya. Dengan begitu, kita bisa mengendalikan waktu -- bukan sebaliknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.