Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barang Substitusi Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Kompas.com - Diperbarui 30/10/2022, 23:51 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comBarang substitusi adalah salah satu barang penting bagi konsumen. Terutama jika suatu produk atau barang mengalami kenaikan harga atau kelangkaan.

Kehadiran barang substitusi adalah bisa menjadi menjadi solusi atas kelangkaan dan kenaikan harga barang kepada konsumen.

Apa itu barang substitusi?

Dikutip dari Investopedia, barang substitusi adalah suatu produk yang dilihat konsumen sama atau cukup mirip dengan produk yang lain. Barang substitusi ini terlihat mirip dari sisi bentuk, kegunaan/fungsi, serta manfaat yang dirasakan dengan produk lain.

Dalam ilmu ekonomi, barang substitusi adalah produk atau layanan yang pada dasarnya sama atau cukup mirip dengan produk lain di mata konsumen.

Dengan kata lain, pengertian barang substitusi adalah barang atau jasa untuk kebutuhan hidup yang bisa menggantikan peran barang maupun jasa serupa. Meski berperan sebagai pengganti, barang substitusi ini tidak akan menghilangkan nilai kegunaannya.

Baca juga: Daftar 5 Kopi Termahal di Dunia, Salah Satunya Berasal dari Indonesia

Secara sederhana barang substitusi adalah barang pengganti yang bisa ditukar dengan barang atau produk lainnya. Yang termasuk contoh barang substitusi adalah jagung yang dapat menggantikan beras sebagai sumber karbohidrat.

Dikutip dari Gramedia.com, alasan munculnya barang substitusi adalah karena saat terjadi kenaikan harga, konsumen akan memilih produk yang jauh lebih murah. Begitu juga saat terjadi kelangkaan barang, maka konsumen akan mencari pengganti barang yang mereka perlukan.

Konsumen menganggap bahwa barang pengganti atau barang substitusi tersebut mempunyai kemiripan dari barang yang mereka inginkan.

Kehadiran barang subtitusi ini bisa membantu menjaga harga pasaran agar tetap rendah dan berkualitas baik. Konsumen bisa memilih produk asli ataupun barang penggantinya, yang bisa saja jauh lebih murah ataupun lebih berkualitas.

Baca juga: Lowongan Kerja BUMN untuk Lulusan D3-S1, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Ciri-ciri barang substitusi

Ada beberapa ciri yang melekat dari barang substitusi. Ciri-ciri barang substitusi adalah sebagai berikut:

  • Barang yang diinginkan sedang mengalami kelangkaan
  • Barang pengganti mempunyai fungsi yang sama
  • Barang pengganti akan mempunyai kualitas yang sama dengan barang yang biasa dikonsumsi
  • Barang pengganti mudah untuk digantikan
  • Barang pengganti mempunyai fungsi yang sama

Barang substitusi adalah barang pengganti yang bisa ditukar dengan barang utama atau produk lainnya.Freepik Barang substitusi adalah barang pengganti yang bisa ditukar dengan barang utama atau produk lainnya.

Jenis-jenis barang substitusi

Secara umum, barang substitusi adalah dibedakan menjadi dua jenis, yaitu barang substitusi sempurna dan barang substitusi tidak sempurna.

1. Barang substitusi sempurna

Pengertian barang substitusi sempurna adalah barang yang sifatnya identik satu dengan yang lainnya, baik itu dari segi fungsi, manfaat, dan juga bentuk. Sehingga tipe barang substitusi ini bisa digunakan dengan cara yang sama dengan barang yang digantikan.

Contoh barang substitusi sempurna adalah smartphone. Ada smartphone yang memiliki sistem operasi Android, ada pula yang menggunakan sistem operasi iOS. Meskipun berbeda, namun keduanya sama-sama bisa dipakai untuk mengirim pesan dan melakukan panggilan telepon.

Baca juga: Penerimaan Tamtama Polri Segera Dibuka, Ini Syarat dan Website Resminya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com