Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menarik Uang di ATM BCA, Bisa Tanpa Kartu

Kompas.com - 11/09/2022, 15:10 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Bagaimana cara menarik uang di ATM BCA atau bagaimana cara menarik uang di ATM BCA tanpa kartu? Meski sepele, pertanyaan tersebut barangkali cukup sering ditanyakan mereka yang masih awam dengan perbankan.

ATM adalah singkatan dari Automated Teller Machine atau dikenal di Indonesia sebagai anjungan tunai mandiri. Mesin ini berfungsi untuk melakukan transaksi bank, seperti tarik tunai, transfer, cek saldo, dan sebagainya. Setiap bank memiliki mesin ATM tersendiri.

Cara kerja ATM menggunakan kartu debit atau kredit yang terhubung dengan rekening. Pengguna memasukkan pin untuk mengakses layanan. Saat ini, beberapa bank menyediakan layanan mengambil uang di ATM tanpa kartu.

Cara menarik uang di ATM BCA

Cara menarik uang di ATM BCA sebenarnya relatif serupa dengan menarik uang di ATM bank lain. Selain itu, kartu ATM BCA juga bisa digunakan di bank lainnya.

Baca juga: Tahapan, Biaya, dan Syarat Buat SKCK di Kantor Polisi

Lazimnya, ketika nasabah membuka rekening BCA untuk pertama kalinya, nasabah akan dibantu oleh teller atau petugas CS BCA untuk menjelaskan fungsi serta penggunaan dari ATM BCA.

Kartu ATM BCA juga menawarkan berbagai macam pilihan jenis, mulai dari kartu berwarna gold, blue/silver hingga platinum.

Cara menggunakan kartu-kartu tersebut di mesin ATM pun tetap sama. Adapun yang membedakannya ialah hanya terdapat pada batas maksimal atau limit uang yang dapat ditarik.

Cara menarik uang di ATM BCA sebenarnya sangat mudah. Jika Kalian terbiasa mengoperasikan smartphone, nasabah bisa langsung menggunakan ATM walaupun baru kali pertama menggunakannya.

Setidaknya, walaupun sedikit bingung namun, cara menarik uang di ATM BCA hanya perlu mengikuti panduan langkah-langkah cara menarik uang di ATM BCA.

Berikut ini adalah tutorial cara menarik uang di ATM BCA untuk nominal tertentu dengan mudah.

Baca juga: Neraca Saldo: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Cara Membuatnya

Cara menarik uang di ATM BCA:

  1. Masukkan kartu ke dalam mesin ATM. Pastikan tidak terbalik dan chip pada posisi di atas.
  2. Pilih bahasa yang akan digunakan.
  3. Masukkan pin ATM yang berjumlah 6 digit. Jika salah tekan, hapus dengan tombol koreksi warna kuning.
  4. Setelah pin benar, layar akan menu penarikan cepat.
  5. Untuk mengambil uang, pilih jumlah yang akan diambil.
  6. Anda juga dapat pilih opsi “Jumlah Lain” untuk memasukkan nominal.
  7. Konfirmasi jumlah uang yang diambil.
  8. Setelah itu, mesin ATM akan memroses transaksi.
  9. Jika sudah selesai, mesin akan berbunyi.
  10. Ambil uang dan kartu dari mesin ATM.
  11. Transaksi selesai. Mesin ATM BCA tidak mencetak struk.
  12. Cek jumlah uang dan pastikan untuk tidak meninggalkan kartu

Perhatikan cara menarik uang di ATM BCA termasuk cara menarik uang di ATM BCA tanpa kartu.Muhammad Idris/Money.kompas.com Perhatikan cara menarik uang di ATM BCA termasuk cara menarik uang di ATM BCA tanpa kartu.

Cara menarik uang di ATM BCA tanpa kartu

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, industri perbankan pun terus beradaptasi serta mengadopsi inovasi-inovasi yang muncul khususnya inovasi yang bisa mempermudah urusan nasabah mereka, salah satunya cara menarik uang di ATM BCA tanpa kartu.

Layanan tarik tunai tanpa kartu ATM ini mulai diterapkan oleh sejumlah bank besar di Indonesia seperti bank swasta terbesar di Indonesia, Bank BCA.

Layanan ini tentunya sangat membantu para nasabah untuk lebih mudah bertransaksi ketika yang bersangkutan harus mengambil uang saat kartu debitnya tertinggal atau hilang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com