Prodia Raih Akreditasi Standar Laboratorium Dunia, Kini Tingkatkan Pengujian Produk Pangan

Kompas.com - 12/09/2022, 18:27 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Prodia Group melalui salah satu anak usahanya PT Prodia OHI International berupaya meningkatkan layanan pengujian makanan pada laboratorium yang dimiliki.

Komisaris Utama Prodia Andi Wijaya mengatakan, berbagai langkah yang dilakukan perusahaan kini didukung oleh kepemilikan standar akreditasi laboratorium pengujian dan kalibrasi, ISO 17025.

"Kualitas adalah hal yang utama bagi Prodia. Karena itu, semboyan Prodia Group adalah love for quality," ujar dia, dalam keterangan resmi, Senin (12/9/2022).

"Hal ini sejalan dengan komitmen Prodia Food Health Laboratory (FHL) sebagai laboratorium terakreditasi ISO 17025," tambah dia.

Baca juga: Layanan Tes Covid-19 Sumbang 16 Persen ke Pendapatan Prodia Selama 2021

Lebih lanjut Ia menjelaskan, Prodia FHL memusatkan kepada layanan pengujian kualitas dan keamanan pangan, di antaranya terhadap makanan, minuman, lingkungan, serta higiene dan sanitasi.

Adapun saat ini, Prodia FHL memiliki layanan unggulan yang terdiri atas pemeriksaan mikrobiologi, pemeriksaan kimia serta pemeriksaan nilai gizi.

Sementara itu, Kepala BPOM Denpasar I Made Bagus Gerametta mengatakan, Prodia FHL diharapkan dapat bersinergi mendukung program pembangunan nasional, khususnya dalam pengembangan UMKM dalam pengujian produk pangan.

"Yang akan diregisterasi maupun untuk pengujian quality control sample pangan bagi pelaku usaha di bidang makanan dan minuman," katanya.

Baca juga: Siap-siap, Prodia Bakal Bagikan Dividen Rp 372,97 Miliar

Sebagai informasi, mengacu kepada Surat Edaran Metrei Kesehatan No 133 seluruh UPTD tes primer baik puskesmas, klinik dan laboratorium harus terakreditasi paling lambat Februari 2023.

"Semoga kehadiran Prodia FHL di Bali dapat memberikan kemudahan aksesibilitas terhadap laboraturium pangan terakreditasi di Bali dan wilayah timur Indonesia serta mendukung secara aktif implementasi occupational nutrition di tempat kerja," ucap Direktur Prodia OHI, Bertha Pangaribuan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.