Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Keamanan Data Pelanggan, Ini yang Dilakukan Tokopedia

Kompas.com - 13/09/2022, 05:10 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokopedia memastikan keamanan sistem Teknologi Informasi (TI), serta perlindungan dalam menjaga privasi data pribadi pengguna selalu menjadi prioritas utama Tokopedia.

SVP of Data Protection and Privacy Office Tokopedia Leny Suwardi mengatakan, sebagai perusahaan teknologi Indonesia dengan bisnis reputasi dan kepercayaan, Tokopedia terus melakukan berbagai pengendalian keamanan yang memadai dengan melakukan pembatasan akses dan perlindungan berlapis terhadap data.

Dalam upayanya, Tokopedia melakukan penguatan terhadap tiga hal yakni memperkuat kapasitas, meningkatkan kapabilitas, dan melakukan kerja sama dengan talenta digital.

Baca juga: Data Pribadinya Dibocorkan Hacker, Ini Respons Erick Thohir

“Contohnya seperti mewajibkan seluruh Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) untuk mengikuti program pelatihan dan sertifikasi yang berkaitan dengan keamanan sistem TI serta perlindungan dan privasi data pengguna dalam NXT (ekosistem pembelajaran untuk Nakama materi bersumber dari institusi keamanan terpercaya),” ucap dia kepada Kontan.co.id, Senin (12/9/2022).

Di samping itu, Tokopedia juga membangun teknologi yang sesuai dengan proses bisnis, termasuk membangun teknologi untuk menunjang berbagai aktivitas dalam perlindungan data pribadi serta menerapkan sejumlah prinsip keamanan sistem TI sesuai standar keamanan terbaik di industri.

“Tokopedia juga konsisten berkolaborasi dengan para mitra strategis yang memiliki spesialisasi di bidang keamanan siber dan perlindungan data pribadi untuk terus meningkatkan tata kelola, prosedur, dan sistem antisipasi dan mitigasi ancaman terhadap keamanan sistem TI serta perlindungan dan privasi data pengguna Tokopedia,” imbuh dia.

Baca juga: Heboh Ulah Hacker Bjorka, Pemerintah Dinilai Sudah Saatnya Punya Internet Mandiri

Untuk penanganan lebih, Tokopedia pun membentuk satu tim khusus, yakni Data Protection and Privacy Office (DPPO), yang bertujuan untuk melindungi dan menjaga privasi data pengguna Tokopedia.

“DPPO juga memastikan bahwa mekanisme terkait data pribadi yang berlaku di Tokopedia telah sesuai dengan regulasi dan aturan pemerintah yang berlaku,” ungkap ya.

Sayangnya, berkaitan dengan jumlah anggaran yang dikeluarkan untuk kebutuhan keamanan sistem TI serta perlindungan dan privasi data pengguna, pihaknya tidak bisa memberikan informasi lebih lanjut.

“Yang dapat kami sampaikan adalah, merekrut talenta yang mumpuni adalah investasi terbesar bagi perusahaan teknologi seperti Tokopedia. Kami percaya bahwa sumber daya manusia terbaik lah yang menjadi kunci dari hadirnya tim yang berkualitas dan produktif dalam menciptakan ekosistem keamanan sistem TI,” tutupnya. (Venny Suryanto)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Ini Upaya Tokopedia Jaga Keamanan Data Pelanggan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com