Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Dukung Modernisasi Pertanian di Aceh Besar, Kementan Hibahkan Alsintan untuk 7 Poktan

Kompas.com - 13/09/2022, 11:57 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) menghibahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada tujuh kelompok tani (poktan) di Aceh Besar.

Pemberian alsintan tersebut merupakan salah satu upaya Kementan dalam mendukung modernisasi pertanian di Aceh Besar. Adapun jenis alsintan yang diserahkan, di antaranya berupa traktor roda dua.

Penyerahan bantuan alsintan itu dilakukan di Kantor Mekanisasi Alsintan Kuta Malaka Aceh Besar, Selasa (23/8/2022).

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, modernisasi pertanian harus mulai diterapkan di Tanah Air.

“Pada era 4.0, semua sektor sudah tersentuh kemajuan teknologi, juga digital. Pertanian harus seperti itu. Oleh karenanya, kami mendukung pemanfaatan alsintan,” ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (13/9/2022).

Baca juga: Harapan Jokowi Saat Luncurkan Food Estate Mangga dan Taksi Alsintan di Gresik

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil mengatakan bahwa cara tradisional tidak lagi diperbolehkan untuk menggarap pertanian.

“Pertanian tidak boleh lagi digarap dengan cara-cara tradisional. Harus ada sentuhan teknologi seperti dengan memanfaatkan alsintan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ali menjelaskan, ada sejumlah keunggulan yang didapat dengan memanfaatkan alsintan.

“Pastinya biaya produksi bisa ditekan. Selain itu, waktu untuk menanam maupun panen lebih cepat,” katanya.

Dengan adanya manfaat tersebut, Ali meyakini,indeks pertanaman (IP) bisa ditingkatkan. Hal ini tentu akan menguntungkan para petani.

Baca juga: KUR Pertanian Bantu Petani Penuhi Kebutuhan Alsintan dan Tingkatkan Produktivitas

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Aceh Besar Jakfar berharap, alat pertanian yang diberikan dapat membantu para petani.

"Harapannya semoga dengan adanya bantuan alat pertanian ini, petani di Aceh Besar bisa semakin sukses dan jaya,” tuturnya.

Jakfar mengungkapkan bahwa alat pertanian yang diberikan Kementan kepada poktan tersebut akan tetap dalam pengawasan Dinas Pertanian Aceh Besar.

Menurutnya, pertanian di Aceh Besar merupakan sektor unggulan penunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Pertanian merupakan sektor terbesar PAD Aceh Besar, maka kami semua bersinergi meningkatkan sektor pertanian," ucap Jakfar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com