Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Zulhas Ajak Produsen Sepatu Nike Bangun Pabrik di Lampung

Kompas.com - 13/09/2022, 14:52 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) meminta produsen sepatu merek dagang Nike, PT Pratama Abadi, mau membangun satu pabriknya di Sumatera.

Zulhas merekomendasikan agar wilayah Lampung yang juga merupakan kampung halamannya bisa menjadi opsi pendirian pabrik yang selama ini hanya didirikan di pulau Jawa saja.

"Tadi saya tanya, kok di Jawa semua (pabriknya)? Di Sumatera belum ada. Lampung sampai Medan penduduknya kecil, kalah dengan Jawa Barat," ujar Mendag Zulkifli Hasan dalam pelepasan ekspor sepatu produksi PT Pratama Abadi Industri Selasa (13/9/2022) di Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Baca juga: Mendag Zulhas Lepas Ekspor Sepatu Merk NIKE Senilai 211.000 Dollar AS ke Belanda


Mendag Zulhas menilai, Sumatera cocok dipilih lantaran nilai upah minimum regionalnya (UMR) tidak terlalu tinggi.

"Saya kira perlu dipikirkan juga agar Sumatera ada juga satu pabrik dan di Sumatera UMR-nya lebih murah dari Jawa, di bawah Rp 2 juta. Nah yang paling dekat Lampung. Jadi kalau bisa buka di Lampung karena itu kampung saya, saya dukung," ungkap Zulhas.

Bahkan, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu bersedia untuk mencari mitra kerja sama jika dibutuhkan.

Dia berharap PT Pratama Abadi Industri mau membangun pabriknya di Sumatera agar bisa menyerap tenaga kerja untuk masyarakat di sana.

"Saya doakan maju terus dan kita dukung PT Pratama Abadi Industri maju berkembang dan kita doakan nanti bisa buka satu (pabrik) di Sumatra di Lampung," ungkap dia.

Baca juga: Mendag: Harga Beras Naik Rp 100 Saja Berbahaya, Berdampak ke Inflasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com