Soal Kabar Akuisisi BTN, BNI: Tidak Ada dalam Rencana Perusahaan

Kompas.com - 14/09/2022, 06:02 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dikabarkan mewacanakan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI untuk mengakuisisi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN.

Wacana tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam kunjungan kerjanya ke Pondok Pesantren Teknologi Riau pada 25 Agustus 2022.

Merespons hal tersebut, Direktur Keuangan BNI Novita Widya Anggraini memastikan bahwa sampai dengan saat ini wacana akuisisi BTN tidak ada di dalam rencana perusahaan.

"Terkait wacana akuisisi BTN kami sampaikan bahwa rencana tersebut tidak ada dalam corporate plan BNI dan memang tidak ada arahan lebih lanjut dari pemegang saham untuk menjadikan akuisisi BTN ini menjadi aksi korporasi BNI," tutur dia dalam pergelaran Public Expose Live 2022, Selasa (13/9/2022).

Baca juga: Cara Beli Token Listrik di ATM BNI dan BNI Mobile

Lebih lanjut, ia bilang, perusahaan saat ini tengah fokus melakukan agenda transformasi korporasi serta optimalisasi anak usaha, yang dilakukan melalui pengembangan Bank Mayora sebagai bank digital hingga mendorong bisnis multifinance.

"Kami saat ini tetap konsisten untuk agenda transformasi korporasi," katanya.

Meskipun wacana akuisisi BTN belum terdapat dalam rencana perusahaan, Novita mengungkapkan, perseroan berkomitmen untuk mendukung berbagai rencana pengembangan bisnis oleh pemerintah, selaku pemegang saham mayoritas.

"Saat ini 60 persen saham BNI dimiliki pemerintah," ucapnya.

Baca juga: BNI Targetkan Pertumbuhan Kredit 10 Persen, Ditopang Segmen Korporasi


Sebagai informasi, dilansir dari Kontan, pada akhir Agustus lalu Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan, BNI diarahkan mengambil BTN konvensional dan kemudian unit usaha syariah (UUS) BTN diambil oleh PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk (BRIS).

Hal itu dilakukan untuk mengonsolidasikan bank pelat merah atau Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) alias BUMN.

"Memang ada rencana tadinya itu kan untuk mempersedikit jumlah bank Himbara, sehingga Bank BTN itu syariahnya nanti diambil BSI, konvensionalnya diambil BNI, tetapi sekarang itu masih dalam tahap wacana," ungkap Ma'ruf.

Baca juga: Semua Kantor Cabang Bank BTN Sudah Layani Penukaran Uang Baru 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.