Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Tol Laut KM Logistik Perdana Berlayar di Pelabuhan Patimban

Kompas.com - 14/09/2022, 20:39 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat kini telah resmi menjadi salah satu pelabuhan singgah Tol Laut trayek T-3. Ditandai dengan Seremonial Pelepasan Perdana Muatan Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4, di Dermaga Pelabuhan Patimban, Rabu (14/9/2022).

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Arif Toha mengatakan, dengan dijadikannya Pelabuhan Patimban sebagai pelabuhan singgah pada trayek T-3 maka diharapkan akan terciptanya jalur perdagangan baru dari dan menuju wilayah Provinsi Jawa Barat.

"Sehingga hasil bumi maupun produk-produk daerah lainnya dapat di distribusikan ke luar daerah yang membutuhkan, begitupun sebaliknya kebutuhan pokok daerah Provinsi Jawa Barat diharapkan juga dapat terpenuhi," ujarnya melalui keterangan tertulis.

Baca juga: Kemenhub dan JICA Sepakat Garap Proyek Baru di Pelabuhan Patimban

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Hendri Ginting mengungkapkan, Pelabuhan Patimban menjadi pelabuhan singgah dari trayek T-3 dengan rute pelayanan yang berpangkalan di Tanjung Priok-Kijang-Letung- Tarempa-Pulau Laut-Selat Lampa-Subi-Serasan-Midai-Kijang-Patimban dan kembali lagi ke Tanjung Priok.

"Trayek ini dilayani oleh Kapal KM Logistik Nusantara empat dengan kapasitas daya angkut mencapai 115 Teus, dengan waktu tempuh kurang lebih tiga minggu," ujar Hendri.

Pelabuhan Patimban merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Diharapkan ke depannya, Tol Laut ini menjadi integrator ekonomi dan meningkatkan efisiensi pengiriman barang antarwilayah.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Patimban, Yan Prastomo Ardi menuturkan, pada pelayaran perdananya ini KM Logistik Nusantara 4 mengangkut sebanyak 5 kontainer dari Pelabuhan Patimban yang diangkut ke daerah 3TP di wilayah Kepulauan Riau dan Natuna.

"Ini baru pelayaran perdana, ke depannya Tol Laut akan mengangkut komoditi lain seperti minyak goreng maupun hasil pertanian dan hasil panen daerah Subang. Dan diharapkan akan menjadi muatan rutin Tol Laut dari Patimban," ujar Yan.

Baca juga: Pelabuhan Patimban Targetkan Layani Ekspor 160.000 Unit Kendaraan di 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com