Layanan Data Center yang Mumpuni Dorong Perkembangan Industri Konten RI

Kompas.com - 15/09/2022, 17:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kolaborasi dua anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) yakni layanan data center NeuCentrIX dengan PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) digadang bakal mendorong pertumbuhan industri konten Tanah Air. 

NeuCentrIX merupakan layanan data center yang membuat pekerjaan jarak jauh menjadi lebih mudah dan memungkinkan pelanggannya mendapat layanan terbaik sekaligus menekan biaya operasional dibandingkan harus mengoperasikan data center sendiri.

Kolaborasi NeuCentrIX dengan Telkomsel, dapat membantu operator seluler terbesar di Indonesia itu untuk mewujudkan visi  itu menjadi penyedia layanan dan solusi mobile digital lifestyle kelas dunia.

"Telkomsel kini dapat menggunakan layanan yang ada di dalam NeuCentrIX untuk mengakses produk digital lokal maupun global serta memenuhi kebutuhan broadband internet untuk mendukung perkembangan bisnis digital perusahaan," kata Deputy EVP Manage Service Telkom DWS Hadi Prakosa, melalui keterangannya, Kamis (15/9/2022). 

Baca juga: Kembangkan Data Center Ramah Lingkungan, AtriaDC Dapat Dukungan dari Saratoga

Ia menilai kolaborasi sesama anak usaha Telkom tersebut dapat menjadi jangkar yang akan menarik para content owner untuk turut memperkaya ekosistem NeuCentrIX.

"Telkomsel akan memperoleh manfaat berupa peningkatan experience pelanggan khususnya untuk game dan video services sehingga memiliki keunggulan bersaing. Selain itu Telkomsel juga dapat meningkatkan performa broadband dan meningkatkan user experience untuk pengaksesan beberapa konten pilihan," lanjut Hadi.

VP Network Partnership Management Telkomsel Awal R Chalik menilai kolaborasi perusahaannya dengan NeuCentrIX juga dapat mewujudkan sinergi Telkom dan Telkomsel sebagai pusat ekosistem digital.

"Harapan kami kolaborasi ini bisa meningkatkan competitiveness bagi pelanggan konsumer Telkomsel, dan membuka peluang baru untuk penyediaan solusi ‘smart connectivity’ bagi pelanggan corporate atau enterprise, serta mendorong perkembangan industri konten dalam negeri," ujar Awal.

Baca juga: Agar Ribuan Aplikasi Pemerintah Efisien, Kominfo Berencana Bangun Data Center Nasional di 4 Kota Ini

Seperti diketahui, sejak awal pandemi dua tahun silam ada delapan sektor industri yang diperkirakan bakal menopang perekonomian Indonesia, yaitu e-commerce, makanan, pengiriman, komunikasi online, media dan konten online, keuangan, layanan dan teknologi kesehatan, dan teknologi pendidikan.

Banyak bisnis yang kemudian berkembang berkat penemuan produk atau layanan baru dan bertahan karena mampu menghadapi perubahan berkat pemanfaatan infrastruktur digital, termasuk data center.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.