BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan UOB

Peringati Hari Jadi Ke-2 TMRW, UOB Indonesia Adakan Edukasi Terkait Seni dan Keuangan

Kompas.com - 16/09/2022, 09:12 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Anissa DW

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Aktivitas bisnis jadi hal fundamental yang harus dilakukan tiap pelaku usaha agar eksistensi perusahaan dapat tetap terjaga.

Tak hanya itu, perusahaan juga perlu memikirkan strategi bisnis yang berkelanjutan agar keberadaan mereka mampu memberikan dampak positif, tak hanya bagi korporasi, tetapi juga untuk lingkungan sosial.

Adapun sebagai perusahaan yang berkomitmen besar untuk membantu masyarakat agar memiliki kehidupan yang lebih baik sekaligus memahami pentingnya literasi terkait keuangan di era digital, UOB Indonesia memiliki sejumlah kegiatan pada program corporate social responsibility (CSR) untuk mengakomodasi hal tersebut.

Salah satu program tersebut UOB Indonesia lakukan dengan mengajak sejumlah siswa dan siswi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kampung Bali 01, Jakarta Barat, untuk mengikuti kegiatan edukasi terkait kesenian di Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN), Jakarta.

Kegiatan itu diadakan sekaligus untuk memperingati hari jadi ke-2 aplikasi digital TMRW.

Sebagai informasi, TMRW adalah solusi banking berbasis aplikasi mobile dari UOB Indonesia untuk mempermudah aktivitas perbankan nasabah. Bank digital ini diluncurkan oleh UOB Indonesia pada 2020.

President Director UOB Indonesia Hendra Gunawan mengatakan, sebagai perusahaan yang peduli pada sektor pendidikan, pihaknya ingin membantu anak Indonesia untuk lebih memahami berbagai bidang, termasuk dalam kesenian.

“Bagi UOB Indonesia, seni punya peranan penting dalam dunia pendidikan dan hubungan bermasyarakat. Sebab. Seni dapat menjadi bahasa universal yang bisa menjembatani maksud dan niat seseorang terhadap lingkungan sekitarnya,” ujar Hendra dalam sambutannya, Jumat (9/9/2022).

Manajemen UOB (kanan-kiri), President Director UOB Indonesia Hendra Gunawan, Consumer Banking Director UOB Indonesia Henry Choi, Head of TMRW and Group Digital Banking UOB Kevin Lam, dan Strategic Communications and Brand Head UOB Indonesia Maya Rizano bersama para siswa SDN Kampung Bali 01 melakukan tur Museum Macan untuk menggali kreativitas para siswa melalui seni dan pendidikan interaktif oleh seniman kenamaan Indonesia.Dok. UOB Manajemen UOB (kanan-kiri), President Director UOB Indonesia Hendra Gunawan, Consumer Banking Director UOB Indonesia Henry Choi, Head of TMRW and Group Digital Banking UOB Kevin Lam, dan Strategic Communications and Brand Head UOB Indonesia Maya Rizano bersama para siswa SDN Kampung Bali 01 melakukan tur Museum Macan untuk menggali kreativitas para siswa melalui seni dan pendidikan interaktif oleh seniman kenamaan Indonesia.

Setelah memberikan sambutan, Hendra bersama tim dari UOB Indonesia pun mengajak para siswa dan siswi SDN Kampung Bali 01 untuk mengikuti sejumlah kegiatan, antara lain berkreasi dengan membuat kerajinan tangan yang dilakukan di Children’s Art Space karya seniman Agustina Sitompul.

Kemudian, para siswa dan siswi juga diajak berkeliling untuk melihat dan memahami berbagai karya seni yang terpampang di Museum MACAN.

Edukasi terkait keuangan

Selain memberikan pemahaman tentang kesenian, siswa dan siswi SDN Kampung Bali 01 yang hadir juga mendapatkan edukasi terkait pentingnya memiliki literasi keuangan yang baik.

Hendra pun meminta kepada peserta kegiatan agar mau membiasakan diri untuk mulai menabung sedini mungkin.

Apalagi, aktivitas menabung dapat dilakukan secara lebih mudah di era modern seperti ini ketimbang zaman dahulu. Ini lantaran semakin berkembangnya penggunaan teknologi yang berdampak pada kehadiran tabungan digital.

“Ini jadi salah satu alasan TMRW hadir di masyarakat. UOB Indonesia memiliki kewajiban untuk mengedukasi dan mendorong inklusi sosial yang lebih baik lagi di masyarakat. Utamanya, terkait literasi keuangan dan mempersiapkan generasi akan penggunaan teknologi digital,” terang Hendra.

Tak hanya itu, sebagai bentuk dari komitmen tersebut, UOB Indonesia juga memberikan donasi kepada SDN Kampung Bali 01 berupa pemberian unit laptop.

Hal tersebut merupakan bagian dari komitmen UOB untuk mendorong literasi finansial dan digital pada usia dini yang dinilai sangat penting.

Apalagi, siswa dan siswi SDN Kampung Bali 01 merupakan bagian dari generasi penerus bangsa yang dapat mendukung pertumbuhan perekonomian Indonesia dalam jangka panjang.

Head of TMRW and Group Digital Banking UOB Kevin Lam (kiri) dan Marketing Head UOB Indonesia Arief Tjakraamidjaja (kanan) memberikan literasi keuangan kepada siswa siswi SDN Kampung Bali 01.Dok. UOB Head of TMRW and Group Digital Banking UOB Kevin Lam (kiri) dan Marketing Head UOB Indonesia Arief Tjakraamidjaja (kanan) memberikan literasi keuangan kepada siswa siswi SDN Kampung Bali 01.

Sementara itu, Head of TMRW and Group Digital Banking UOB Kevin Lam mengatakan, melalui pemberian laptop, UOB Indonesia berharap dapat semakin mempermudah dan membantu proses belajar-mengajar yang dilakukan di SDN Kampung Bali 01 untuk beradaptasi dengan digitalisasi secara maksimal.

Terkait donasi dari UOB Indonesia, Kepala SDN Kampung Bali 01 Suyoto mengapresiasi upaya yang telah dilakukan terhadap sekolahnya.

“Ini di luar ekspektasi dan sangat berarti buat kami. Sebab, komputer yang ada di sekolah kami itu sangat terbatas. Bahkan, saat melakukan ujian online, kami harus meminjam peralatan dulu ke sekolah lain. Berkat UOB Indonesia, kami tak perlu lagi melakukan hal tersebut,” ujar Suyoto.

Terus berinovasi

UOB Indonesia berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan bermanfaat bagi masyarakat melalui program CSR yang dimiliki perusahaan.

Tak hanya itu, UOB Indonesia juga akan terus berinovasi agar produk yang dihasilkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan sesuai dengan tuntutan zaman, termasuk pada TMRW.

Executive Director Digital Bank Head UOB Indonesia Fajar Septandri Maharjaya mengatakan, pihaknya akan terus mengembangkan berbagai fitur dan teknologi yang ada pada TMRW.

“Kami tak akan berhenti untuk memberikan yang terbaik. Apalagi, saat ini, tuntutan terkait digitalisasi dan persaingan pada sektor perbankan juga semakin tinggi. Jadi, kami ingin selalu mampu memenuhi kebutuhan tersebut dan akan melakukannya secara maksimal,” ucap Fajar.

Fajar menjelaskan bahwa pengguna aplikasi tersebut terus bertambah setiap tahunnya. Menurutnya, tingginya animo masyarakat terhadap penggunaan aplikasi TMRW tak lepas dari kualitas dan keunggulan yang ada di dalamnya.

“Salah satunya adalah digital onboarding pada TMRW itu sangat cepat, yakni di bawah tujuh menit. Jadi, mulai dari download hingga buka rekening itu prosesnya sangat cepat. Lalu, smart inside pada TMRW juga dilengkapi dengan artificial intelligence (AI). Berkat kelebihan tersebut, aplikasi TMRW berhasil mendapatkan berbagai penghargaan,” kata Fajar.

Sebagai informasi, sejumlah penghargaan yang berhasil didapat oleh TMRW adalah Most Innovative Digital Bank and Best Mobile Banking Application in 2022 dari International Finance, Best Digital Bank in Indonesia dari Alpha Southeast Asia, Global Top 100 Digital Bank 2022 dari The Asian Banker, 1st in Customer Satisfaction, dan Loyalty and Engagement Award in 2022 dari Infobank.

Selanjutnya, Best Digital Bank for Customer Experience and Best Digital Bank for Millenials in 2021 dari The Digital Banker, Best Digital Bank in Indonesia 2021 dari Global Finance, dan Best Digital Credit Card 2021 dari MasterCard.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com