Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barry Callebaut Group Telah Investasi Lebih dari 50 Juta Dollar AS sejak 2012

Kompas.com - 17/09/2022, 06:00 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Produsen produk kakao dan cokelat Barry Callebaut Group telah menginvestasikan lebih dari 50 juta dollar AS sejak 2012. Saat ini, Barry Callebaut memiliki lebih dari 700 karyawan di seluruh Indonesia.

"Barry Callebaut berkontribusi 35 persen dari total produksi kakao di Indonesia, jadi kita adalah number 1 cocoa producing company di indonesia, 35-40 persen range-nya," ujar Managing Director Barry Callebaut Indonesia Ciptadi Sukono di sela-sela kunjungan media ke pabrik kakao dan cokelat milik Barry Callebaut di Bandung, Kamis (15/9/2022).

Ciptadi Sukono yakin Barry Callebaut bisa mencetak pertumbuhan positif di bisnis kakao dan cokelat di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari kondisi industri yang dinyakini akan semakin baik pasca-pandemi.

Adapun Ciptadi menyebutkan, selama 5 tahun terakhir perusahaannya telah mencatatkan pertumbuhan bisnis hingga double digit.

Baca juga: Keberadaan KEK Diyakini Akan Membuat Gresik Lebih Maju

"Untuk spesifik angkanya belum bisa saya sebutkan tapi yang pasti kita double digit selama 5 tahun terakhir dari tahun 2017 sampai tahun 2022," ungkapnya.

Agar tetap bisa tumbuh di tengah pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19, Barry Callebaut sudah memiliki strategi. Salah satu strateginya yaitu mencoba mengerti kebutuhan pelanggan.

Barry Callebaut bahkan mengajak pelanggan dari perusahaan-perusahaan besar untuk sama-sama berinovasi dan menyediakan cokelat sesuai permintaan.

Adapun produk yang paling banyak didistribusikan ke konsumen meliputi produk Cocoa Butter (lemak kakao), Cocoa Mass (Kakao Massa), dan Cocoa Powder (bubuk kakao).

Barry Callebaut mengoperasikan pabrik pengolahan kakao di Bandung dan saat ini merupakan salah satu produsen terbesar produk kakao, seperti cocoa powder, cocoa butter, dan cocoa liquor di Indonesia.

Baca juga: Cara Buka Rekening BRI Online 2022, Klik bukarekening.bri.co.id

Barry Callebaut juga memiliki pusat aplikasi kakao di Bandung yang dilengkapi dengan peralatan canggih, dapur demo, dan lini produksi skala kecil.

Berbagai fasilitas tersebut membantu meningkatkan kesempatan kerja sama antara Barry Callebaut dan para pelanggan dari kalangan industri.

Selain kegiatan bisnis kakao, Barry Callebaut juga memiliki dua pabrik produksi cokelat di kawasan industri Gresik dan Rancaekek Sumedang.

Barry Callebaut memproduksi cokelat untuk perusahaan konfeksioneri (produsen camilan manis) dan produsen makanan lainnya yang menggunakan cokelat sebagai salah satu bahan baku produksinya.

Baca juga: Cara Mengisi Token Listrik PLN dengan Mudah dan Cepat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com