Aksi Beli Bersih Asing di Pasar Modal Capai Rp 3,8 Triliun dalam Sepekan

Kompas.com - 17/09/2022, 15:00 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 12-16 September 2022 ditutup bervariasi. Peningkatan terjadi pada rata-rata nilai transaksi di BEI pekan ini, yaitu sebesar 33,82 persen menjadi Rp 20,4 triliun dari Rp 15,2 triliun pada pekan lalu.

Rata-rata frekuensi transaksi harian Bursa pada pekan ini turut mengalami peningkatan sebesar 8,51 persen menjadi 1,5 juta kali transaksi dari 1,4 juta kali transaksi pada pekan sebelumnya. Sementara itu, dalam sepekan aksi beli bersih asing tercatat Rp 3,8 triliun.

“Investor asing pada akhir pekan ini mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp 1,9 triliun dan sepanjang tahun 2022 investor asing mencatatkan beli bersih sebesar Rp 72,8 triliun,” kata Sekretaris Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia Yulianto Aji Sadono dalam siaran pers, Jumat (16/9/2022).

Baca juga: Mewaspadai Potensi Kartel di Balik Swasembada Beras

Sementara itu, rata-rata volume transaksi harian Bursa mengalami perubahan 9,05 persen menjadi 31,946 miliar saham dari 35,125 miliar saham pada pekan sebelumnya. Penurunan juga terjadi pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebesar 1,02 persen pada level 7.168,87 dari posisi 7.242,65 pada penutupan pekan lalu.

Kapitalisasi pasar Bursa juga mengalami perubahan 0,38 persen menjadi Rp 9.426,53 triliun dari sebelumnya Rp 9.462,81 triliun pada minggu lalu. Adapun dalam sepekan terakhir agenda bursa diramaikan oleh Public Expose LIVE 2022.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Iman Rachman menyampaikan, Public Expose LIVE 2022 dihadiri oleh 52.711 peserta daring, melampaui pencapaian kehadiran 49.395 peserta daring pada pelaksanaan Public Expose LIVE 2021.

“Acara ini diselenggarakan secara full virtual, agar seluruh investor di Indonesia memperoleh kesempatan untuk mendapatkan informasi perkembangan perusahaan tercatat secara langsung dari manajemen,” kata Iman.

Baca juga: Cara Daftar BRI Mobile lewat HP Tanpa ke Bank Beserta Syaratnya

Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik memberikan apresiasi bagi seluruh stakeholders yang terlibat dan menyukseskan penyelenggaraan Public Expose LIVE 2022. Dia mengatakan, Public Expose LIVE 2022 diikuti oleh 54 perusahaan tercatat dan 21 sesi paparan.

Partisipasi peserta tidak hanya dari seluruh provinsi di Indonesia, tetapi juga dari 28 negara lainnya. Berdasarkan data, 54 persen dari total jumlah pendaftar Public Expose LIVE 2022 merupakan investor generasi milenial yang berusia 24-39 tahun.

"Public Expose LIVE 2022 mendorong transparansi dan keterbukaan informasi yang merupakan, bentuk perlindungan investor Indonesia. Kami berharap ini dapat meningkatkan aktivitas transaksi investor pasar modal Indonesia, serta lebih luas menjangkau investor dan calon investor," ujar Jeffrey.

Baca juga: Apa Saja Hukuman bagi PNS yang Bersikap Arogan di Jalanan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.