Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 20 Kota dengan Orang Kaya Terbanyak Dunia

Kompas.com - 19/09/2022, 07:07 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

LONDON, KOMPAS.com - Perusahaan konsultan migrasi investasi berbasis di London, Henley & Partners, merilis laporan teranyar terkait daftar 20 kota dengan jumlah jutawan dan miliarder terbanyak di dunia.

Laporan ini menghitung jumlah individu dengan kekayaan bersih tinggi (high net worth individual/HNWI) atau memiliki aset dengan nilai lebih dari 1 juta dollar AS dalam satu kota.

Dalam laporan itu disebutkan, sampai dengan saat ini Amerika Serikat masih menyandang predikat negara dengan kota paling banyak orang kayanya. Tercatat dari 20 kota dengan miliarder terbanyak dunia, 6 di antaranya berada di Negeri Paman Sam.

Baca juga: Miliarder India Gautam Adani Salip Jeff Bezos, Jadi Peringkat 2 Orang Terkaya Dunia

New York masih menempati peringkat pertama kota dengan orang tajir terbanyak dunia, dengan jumlah HNWI sebanyak 345.600. Jumlah ini sebenarnya menurun 12 persen jika dibandingkan dengan awal tahun ini (year to date/ytd).

Selain New York, terdapat 4 kota AS lain yang menempati peringkat 10 teratas kota dengan miliarder terbanyak. Keempat kota tersebut ialah, San Francisco Bay Area (peringkat tiga), Los Angles & Malibu (peringkat enam), Chicago (peringkat tujuh), dan Houston (peringkat delapan).

Sementara itu, negara dengan perekonomian terbesar kedua dunia, China hanya memiliki 2 kota dalam daftar 20 kota terkaya dunia. Kedua kota tersebut ialah Beijing (peringkat sembilan) dan Shanghai (peringkat sepuluh).

Beijing dan Shanghai kalah dari dua kota benua Asia lainnya, yakni Tokyo dan Singapura. Kedua kota tersebut menempati peringkat kedua dan kelima dalam daftar kota terkaya dunia.

CEO Henley Partners Juerg Steffen menilai, 14 dari 20 kota terkaya dunia berada di negara yang menerapkan program migrasi investasi dengan baik. Ini memungkinkan imigran untuk melakukan investasi secara langsung, dengan balasan mendapatkan hak untuk tinggal di negara tersebut.

"Hak untuk hidup, bekerja, belajar, dan berinvestasi di pusat kekayaan internasional terkemuka seperti New York, London, Singapura, Sydney, dan Toronto dapat dijamin melalui tempat tinggal dengan investasi," tulis Steffen, dalam laporannya, dikutip Senin (19/9/2022).

Baca juga: Ini Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia 2022 Versi Forbes

Berikut daftar lengkap 20 kota dengan jumlah penduduk kaya terbanyak di dunia:

1. New York
Jutawan (kepemilikan aset lebih dari 1 juta dollar AS): 345.600
Miliarder (kepemilikan aset lebih dari 1 miliar dollar AS): 59

2. Tokyo
Jutawan: 7.613
Miliarder: 12

3. San Francisco
Jutawan: 13.513
Miliarder: 62

4. London
Jutawan: 9.616
Miliarder: 38

5. Singapura
Jutawan: 8.376
Miliarder: 26

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com