Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waran Terstruktur Pertama Resmi Meluncur di Bursa Efek Indonesia

Kompas.com - 19/09/2022, 12:34 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bursa Efek Indonesia atau BEI resmi meluncurkan produk waran struktur pertama di pasar modal nasional pada Senin (19/9/2022). Peluncuran ini ditandai dengan diterbitkannya tiga waran struktur secara bersamaan.

Waran terstruktur merupakan instrumen investasi baru yang memiliki profil risiko tinggi sebab memiliki underlying asset saham. Namun, investor dapat memiliki instrumen investasi ini dengan harga yang lebih terjangkau dibanding saham itu sendiri.

Direktur BEI Jeffrey Hendrik menjelaskan, waran terstruktur memberikan hak kepada pembelinya untuk menjual atau membeli suatu underlying asset, pada harga dan tanggal yang telah ditentukan. Adapun underlying asset tersebut merupakan saham-saham yang masuk dalam konstituen Indeks IDX30.

Baca juga: Cara Top Up GoPay dari BCA via ATM, m-Banking, dan OneKlik

"Sehingga investor dapat imbal hasil dari pergerakan saham kosntituen dan dengan modal yang relatif kecil," ujar dia dalam pembukaan perdagangan Senin.

Adapun tiga seri waran pertama yang meluncur pada hari ini menggunakan underlying asset saham PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). Ketiga waran ini diterbitkan oleh PT RHB Sekuritas Indonesia.

"Terhitung sejak 1 September 2022 PT RHB Sekuritas Indonesia memperoleh pernyataan efektif menjadi penerbit waran terstruktur pertama di Bursa Efek Indonesi," kata Jeffrey.

Ia menilai, waran terstruktur memiliki potensi yang besar di pasar modal Tanah Air. Ini terlihat dari tingginya permintaan dan nilai transaksi waran terstruktur di pasar regional.

"Kajian kami menunjukkan produk Waran Terstruktur ini akan memenuhi kebutuhan pasar, sehingga dapat menjadi pilihan bagi para investor dalam berinvestasi di pasar modal Indonesia," ucap dia.

Baca juga: Daftar 19 Bandara yang Akan Diresmikan Presiden Jokowi Sebelum 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com