Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ID Survey Siap Gunakan Kendaraan Listrik untuk Kegiatan Operasional

Kompas.com - 19/09/2022, 16:40 WIB
Akhdi Martin Pratama

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Biro Klasifikasi Indonesia atau BKI (Persero) sebagai induk Holding BUMN Jasa Survei (ID Survey) siap melakukan pembelian kendaraan listrik untuk untuk kebutuhan operasionalnya.

Hal ini dilakukan sesuai dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang meminta penyediaan anggaran untuk mendukung percepatan pelaksanaan kendaraan listrik di lingkungan perusahaan pelat merah.

"Kami akan mengusahakan seoptimal mungkin pengadaan kendaraan listrik untuk operasional di lingkungan BKI dan ID Survey,” ujar Direktur Utama PT BKI Rudiyanto dalam keterangannya, Senin (19/9/2022).

Baca juga: Penggunaan Kendaraan Listrik Diprediksi Naik 20 Persen pada 2035

BKI, lanjut Rudiyanto, berkomitmen untuk secepat mungkin bertransformasi menggunakan kendaraan listrik sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir.

"BKI juga berharap penggunaan EV (electric vehicle) di lingkungan BUMN ini bisa menjadi contoh baik di masyarakat yang saat ini sedang beradaptasi dengan harga BBM baru karena harga minyak dunia yang menjulang tinggi,” kata dia.

Rudiyanto menuturkan, pihaknya optimis sektor industri kendaraan listrik di Tanah Air akan akan terus tumbuh.

Apalagi, Kementerian BUMN belakangan ini sedang gencar menjalankan capaian target Zero Emission di 2060 dan transisi energi berkelanjutan melalui penetapan target bauran energi dari energi baru terbarukan (EBT) sebesar 23 persen pada 2025 sesuai kebijakan pemerintah.

Salah satu kegiatan penunjang target tersebut adalah penggunaan kendaraan listrik di lingkungan BUMN.

Baca juga: Erick Thohir Ajak Perusahaan dan Karyawan BUMN Beralih ke Kendaraan Listrik

Untuk itu, PT BKI sebagai induk Holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey yang saat ini fokus mewujudkan komitmen pemerintah target Zero Emission dan EBT mendukung penuh arahan Menteri BUMN Erick Thohir tersebut.

"Dengan menggunakan Electric Vehicle (EV) di lingkungan BUMN, kita berkontribusi menciptakan net zero emission dan hal ini sejalan dengan semangat dekarbonisasi yang saat ini menjadi fokus perhatian BKI," ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mendorong peningkatan penggunaan berbagai kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas Direksi dan Pimpinan perusahaan, termasuk kendaraan operasional roda dua dan roda empat.

“Program kepemilikan kendaraan bagi karyawan terus didorong untuk beralih ke kendaraan listrik. Tapi, dalam pelaksanaannya tetap memperhatikan azas manfaat dan kemampuan keuangan perusahaan,” lanjut dia.

Baca juga: 20 Persen Komponen Baterai Kendaraan Listrik Masih Impor, Ini Saran MIND ID untuk IBC

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com