Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ID Survey Siap Gunakan Kendaraan Listrik untuk Kegiatan Operasional

Kompas.com - 19/09/2022, 16:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Biro Klasifikasi Indonesia atau BKI (Persero) sebagai induk Holding BUMN Jasa Survei (ID Survey) siap melakukan pembelian kendaraan listrik untuk untuk kebutuhan operasionalnya.

Hal ini dilakukan sesuai dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang meminta penyediaan anggaran untuk mendukung percepatan pelaksanaan kendaraan listrik di lingkungan perusahaan pelat merah.

"Kami akan mengusahakan seoptimal mungkin pengadaan kendaraan listrik untuk operasional di lingkungan BKI dan ID Survey,” ujar Direktur Utama PT BKI Rudiyanto dalam keterangannya, Senin (19/9/2022).

Baca juga: Penggunaan Kendaraan Listrik Diprediksi Naik 20 Persen pada 2035

BKI, lanjut Rudiyanto, berkomitmen untuk secepat mungkin bertransformasi menggunakan kendaraan listrik sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir.

"BKI juga berharap penggunaan EV (electric vehicle) di lingkungan BUMN ini bisa menjadi contoh baik di masyarakat yang saat ini sedang beradaptasi dengan harga BBM baru karena harga minyak dunia yang menjulang tinggi,” kata dia.

Rudiyanto menuturkan, pihaknya optimis sektor industri kendaraan listrik di Tanah Air akan akan terus tumbuh.

Apalagi, Kementerian BUMN belakangan ini sedang gencar menjalankan capaian target Zero Emission di 2060 dan transisi energi berkelanjutan melalui penetapan target bauran energi dari energi baru terbarukan (EBT) sebesar 23 persen pada 2025 sesuai kebijakan pemerintah.

Salah satu kegiatan penunjang target tersebut adalah penggunaan kendaraan listrik di lingkungan BUMN.

Baca juga: Erick Thohir Ajak Perusahaan dan Karyawan BUMN Beralih ke Kendaraan Listrik

Untuk itu, PT BKI sebagai induk Holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey yang saat ini fokus mewujudkan komitmen pemerintah target Zero Emission dan EBT mendukung penuh arahan Menteri BUMN Erick Thohir tersebut.

"Dengan menggunakan Electric Vehicle (EV) di lingkungan BUMN, kita berkontribusi menciptakan net zero emission dan hal ini sejalan dengan semangat dekarbonisasi yang saat ini menjadi fokus perhatian BKI," ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mendorong peningkatan penggunaan berbagai kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas Direksi dan Pimpinan perusahaan, termasuk kendaraan operasional roda dua dan roda empat.

“Program kepemilikan kendaraan bagi karyawan terus didorong untuk beralih ke kendaraan listrik. Tapi, dalam pelaksanaannya tetap memperhatikan azas manfaat dan kemampuan keuangan perusahaan,” lanjut dia.

Baca juga: 20 Persen Komponen Baterai Kendaraan Listrik Masih Impor, Ini Saran MIND ID untuk IBC

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+