Kapal Pesiar Australia Sandar di Pelabuhan Benoa Bali, Bawa 250 Wisatawan Asing

Kompas.com - 19/09/2022, 17:29 WIB

 

SURABAYA, KOMPAS.com - Kapal pesiar cruise bernama Laperouse sandar di Pelabuhan Benoa Bali, Senin (19/9/2022). Kapal Cruise asal Australia itu berisi 250 penumpang dan akan sandar di Bali hingga 2 hari kedepan.

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki dalam keterangan resminya menyebut kunjungan kapal cruise kali ini istimewa karena merupakan kunjungan cruise perdana di Indonesia pasca-pandemi.

"Karena ini kunjungan istimewa, kami lakukan penyambutan khusus untuk para wisatawan penumpang Cruise," katanya Senin siang.

Para wisatawan juga awak kapal yang datang disambut langsung dengan tarian khas bali sesaat sebelum mereka turun dan langsung disambut oleh Komisaris Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dan didampingi langsung oleh Regional Head 3 Pelindo, KSOP kelas II Pelabuhan Benoa, Pemprov Bali dan perwakilan lokal agen.

Baca juga: Pelindo III Gunakan PMN Rp 1,2 Triliun untuk Keruk Pelabuhan Benoa Bali

Menurut Ardhy, kedatangan kapal Cruise menjadi salah satu tanda kebangkitan dunia pariwisata Indonesia setelah hampir 2 tahun menutup diri karena pandemi.

"Kita semua tahu jika pandemi ini memberikan dampak yang luar biasa kepada semua aspek salah satunya pariwisata, dan kini setelah hampir 2 tahun kami terpaksa harus menutup diri kini yang kami tunggu telah datang ini tentunya menjadi kabar baik untuk kita semua," Jelas Ardhy.

Setelah sandar selama 2 hari di Bali, Kapal Cruise Laperouse rencananya akan melanjutkan perjalanan dan sandar kesejumlah pelabuhan di Indonesia seperti Probolinggo dan Tanjung Emas Semarang.

Baca juga: Garap Proyek di Pelabuhan Benoa dan Banyuwangi, Pelindo III Gandeng Swasta

Sepanjang tahun ini Pelindo Regional 3 akan mendapatkan rencana kunjungan kapal sebanyak 40 kapal dan 127 kapal di tahun 2023.

Karena itu, pihaknya telah bekerja keras dengan berbagai pihak untuk menyiapkan segala sesuatunya termasuk menyiapkan seluruh pelabuhan di wilayahnya agar siap untuk di singgahi Cruise, dengan harapan bisa menjadi salah satu pintu gerbang wisata Indonesia dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sementara itu Captain kapal Cruise Captain MV Laperouse, Provost Ludovic Theophile Jose mengatakan dirinya sangat terkesan dengan penyambutan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia khususnya pihak Pelindo, hal tersebut yang membuat dirinya selalu ingin berkunjung ke Indonesia.

"Kami telah berkunjung kebeberapa tempat di dunia ini, dan Indonesia selalu menjadi tujuan favorit kami," ucapnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.