Sandiaga Uno Ingin Promosikan Kota Dumai Sebagai Dubai-nya Indonesia

Kompas.com - 19/09/2022, 18:40 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ingin agar kota Dumai yang berada di Provinsi Riau-Sumatera bisa menjadi Dubai-nya Indonesia. Menurut dia, kota Dumai memiliki potensi yang besar dalam mempromosikan kearifan lokal di kotanya.

“Kota Dumai ini hanya dipisahkan huruf B sama M dari Dubai. Ini kita bisa promosikan menjadi Dubai-nya Indonesia. Di Riau ini banyak sekali konten-konten kreator yang jago-jago,” kata Sandiaga mengutip Instagram @Sandiuno, Senin (19/9/2022).

Sandiaga Uno mengatakan, dengan mengandalkan konten kreator asal Dumai, ia optimis bisa mengembangkan podcast, serta konten-konten menarik dan inovatif yang bisa mendukung daya tarik Dumai.

Baca juga: Sandiaga Uno Bagikan 3 Tips Sukses untuk Pelaku Ekonomi Kreatif

“Ini bisa menjadi daya tarik karena kalau kita ingin kembangkan, kita ciptakan konten-konten seperti itu,” lanjut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Terkait dengan investasi, Sandiaga menekankan keutamaan dalam mendorong kearifan lokal. Seperti, produk kemasan yang berkearifan lokal, dan produk-produk ramah lingkungan yang bisa dikembangkan masyarakat Dumai.

Dia menambahkan, selain minyak, Dumai juga punya produk-produk yang sangat ramah lingkungan, seperti pelepah pinang apalagi kalau dikombinasikan dengan kemasan yang berkearifan lokal, higienis, inovatif dan bisa diterima oleh pasar.

“Potensinya ada di mana-mana, ambil celah kreativitas. Seperti kemarin ada pelepah pinang, ada dari produk-produk yang sangat ramah linkungan yang bisa kita kembangakan disini. Jadi enggak semuanya harus serupa seperti ini, kemasan juga bisa kemasan yang berkearifan lokal, tapi tetap higienis, dan inovatif,” ujarnya.

Sandiaga Uno optimis, dengan kemampuan masyarakat Dumai, dampak ekonomi akan terus meningkat, utamanya dari sektror pariwisata dan ekonomi kreatif. Ia berharap kota Dumai bisa bangkit, dan mendorong terwujudnya 4,4 juta lapangan kerja sampai tahun 2024.

“Saya yakin dampak ekonominya akan terus meningkat dan dirasakan oleh teman-teman pelaku usaha kreatif UMKM terutama di Kota Dumai. Mari terus berkolaborasi agar UMKM tetap menjadi tulang punggung perekonomian nasional,” tegas dia.

Baca juga: Tips Sukses Buka Peluang Usaha bagi Pelaku Ekonomi Kreatif ala Sandiaga Uno

Sementara itu dalam keterangan tertulisnya Sandiaga menghadiri pertemuan bersama milenial dan memberikan kiat jitu jadi konten kreator handal pada pelatihan pembuatan konten di Pekanbaru, Riau.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.