Bersama WeLab, Astra Bakal "Permak" Bank Jasa Jakarta Jadi Bank Digital

Kompas.com - 19/09/2022, 19:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra International Tbk melalui anak usahanya PT Sedaya Multi Investama atau Astra Financial bersama WeLab melalui WeLab Sky Limited, akan merubah PT Bank Jasa Jakarta atau BJJ menjadi bank digital.

Ini merupakan lanjutan dari telah diselesaikannya transaksi akusisi Astra Financial dan WeLab Sky terhadap saham BJJ, di mana kedua perusahaan saat ini masing-masing memiliki 49,56 persen sahama BJJ.

Dengan porsi kepemilikan saham tersebut, Astra Financial dan WeLab Sky menjadi pemegang saham mayoritas BJJ, sekaligus pengendali bank tersebut.

Baca juga: Astra International Rampungkan Akuisisi 49,56 Persen Saham Bank Jasa Jakarta

Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro mengatakan, aksi akuisisi tersebut sejalan dengan visi perusahaan untuk menjadi penyedia layanan jasa keuangan ritel terdepan di Tanah Air.

"Serta mendukung perkembangan industri jasa keuangan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata dia, dalam keterangan resmi, Senin (19/9/2022).

Astra memutuskan untuk mengubah BJJ menjadi bank digital, dengan melihat hasil riset yang menunjukan bahwa 77 persen masyarakat Indonesia masih tergolong dalam kategori unbanked dan underbanked.

Baca juga: Bakal Bangun Bank Digital, Astra Financial dan WeLab Resmi Akuisisi Bank Jasa Jakarta

Direktur Astra Suparno Djasmin mengatakan, melalui strategi omnichannel, BJJ sebagai bank digital akan melengkapi produk dan layanan jasa keuangan yang ditawarkan kepada masyarakat.

"Melalui kerja sama ini kami berharap BJJ dapat memenuhi kebutuhan pelanggan serta mempercepat inklusi dan literasi keuangan di Indonesia," kata dia.

Adapun Astra dan WeLab telah berpartner dalam ekosistem teknologi finansial di Indonesia, sehingga ini merupakan kemitraan strategis kedua setelah pembentukan perusahaan patungan fintech lending bernama PT Astra WeLab Digital Arta (AWDA) pada 2018 lalu.

"Kami antusias mitra jangka panjang kami, Astra, akan bekerjasama dengan kami untuk memberikan layanan perbankan berbasis teknologi melalui BJJ di Indonesia," ucap Founder WeLab, Simon Loong.

Baca juga: Bank Digital Dipercaya Mampu Perangi Pinjol Ilegal, Ini Sebabnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.