Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Banyak Pengusaha "Gaptek" Komisi VI DPR Usul ke BKPM Perbanyak Penyuluh Urus Izin Usaha

Kompas.com - 19/09/2022, 20:50 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi VI DPR RI Deddy Yevri Hanteru Sitorus meminta Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk dapat meningkatkan penyuluhan serta mempermudah perizinan berusaha, khususnya bagi usaha mikro.

Sebab menurutnya saat ini mengurus perizinan berusaha melalui Online Single Submission (OSS) dianggap tidak mudah. Apalagi bagi pengusaha-pengusaha yang kurang paham mengenai teknologi.

"Saya terus terang, teman-teman di daerah pemilihan saya yang merasa dimudahkan juga ada, tapi memang biasa mereka yang literasi komputer dan literasi terkait pengisian formulir dan lain sebagainya dan kemampuan komputernya bagus, tapi majority dari pengusaha UMKM kita, apalagi mikro itu kan lemah ya pak," ujarnya dalam rapat dengar pendapat Komisi VI DPR RI dengan Kementerian Investasi/BKPM, dikutip melalui siaran pers DPR RI, Senin (19/9/2022).

Baca juga: Kementerian Investasi Sudah Terbitkan 1,8 Juta Izin Usaha lewat OSS

Untuk itu, politisi PDI-Perjuangan tersebut menyarankan agar Kementerian Investasi dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah (pemda) untuk mempermudah akses pengusaha yang ingin mengurus perizinan. Baik melalui pelayanan-pelayanan di kelurahan/kecamatan, hingga melakukan coaching (pelatihan) secara langsung kepada pengusaha.

"Kalau saya boleh saran pak, apakah mungkin tidak bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah sehingga mungkin ada satu sentra. Apakah itu di tingkat kabupaten atau kecamatan. Sehingga orang datang, hendak mencari informasi dan disuruh menyiapkan data informasi apa saja yang perlu mereka siapkan. Kemudian ketika datang lagi bisa dibantu entry pak atau minimal ketika datang ke tempat itu, ada cara-cara yang sangat memudahkan mereka," saran Deddy.

Baca juga: Ada OSS dan NIB Gratis, UMKM Bisa Mulus Dapat Fasilitas Kredit Perbankan

Dengan kerja sama tersebut, lanjut dia, diharapkan dapat mempercepat perizinan berusaha, khususnya bagi usaha mikro.

"Saya rasa hal-hal seperti ini harus diperhatikan pak, karena kalau menunggu proses yang biasa saya rasa enggak kelar-kelar pak. Saya kira yang paling penting itu coaching, kasih tempat kalau perlu kumpulin di GOR sudah didata oleh dinas, langsung di tempat pak, supaya speed up. Jangan hanya dengan cara-cara business as usual kalau mau cepat pak," pungkasnya.

Baca juga: OSS Belum Sempurna, Bahlil Akui Ada 2 Masalah Besar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com