Milenial Bisa Konsisten Investasi lewat Nabung Rutin Challenge

Kompas.com - 20/09/2022, 17:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) dan PT Bank Jago Tbk (Bank Jago) mengajak masyarakat Indonesia untuk memiliki rencana keuangan dengan tantangan Nabung Rutin Challenge.

PR & Corporate Communication Lead Bibit William mengatakan, dalam Nabung Rutin Challenge setiap pengguna yang berinvestasi reksa dana di Bibit dengan minimal transaksi Rp 500.000 setiap bulan selama tiga bulan berturut-turut dan menggunakan metode pembayaran Jago autodebit, akan langsung mendapatkan cashback sebesar Rp 50.000 berupa saldo referral Bibit.

Tantangan ini dapat diikuti oleh pengguna Bibit yang baru pertama kali mengikuti tantangan serupa dan tidak berlaku kelipatan.

Baca juga: Pemerintah Anggarkan Rp 392 Triliun untuk Proyek Infrastruktur 2023

“Kami menyadari bahwa konsistensi dalam berinvestasi masih menjadi kendala bagi sebagian orang. Nabung Rutin Challenge ini kami adakan untuk memotivasi para pengguna agar mereka berdisiplin dalam mencapai tujuan keuangan masing-masing," kata dia dalam siaran pers, Selasa (20/9/2022).

Sementara, Head of Sustainability Bank Jago Andy Djiwandono menyebut, salah satu tantangan finansial banyak orang adalah memisahkan uang dengan sehingga tidak tercampur dengan kebutuhan yang berbeda.

Oleh karena itu, Bank Jago menghadirkan beberapa fitur di aplikasi Jago. Melalui program Nabung Rutin Challenge, bersama dengan Bibit, Bank Jago ingin memampukan pengguna untuk berinvestasi dengan konsisten.

Ia menjelaskan, Nabung Rutin Challenge berangkat dari fitur Nabung Rutin (autodebit) yang Bibit dan Bank Jago hadirkan untuk memudahkan para pengguna dalam berinvestasi reksa dana.

Baca juga: Mayoritas Saham Terkoreksi, IHSG Ditutup Menguat Tipis

Dengan fitur Nabung Rutin, para pengguna Bibit yang telah membuka rekening Bank Jago bisa berinvestasi reksa dana secara teratur dengan jangka waktu dan frekuensi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Di balik itu, William mengatakan, filosofi di balik fitur Nabung Rutin adalah metode Dollar Cost Averaging (DCA).

DCA adalah sebuah metode saat pengguna menginvestasikan jumlah uang yang sama setiap bulan ataupun setiap minggu.

Strategi ini akan membantu pengguna disiplin untuk membeli unit yang lebih banyak pada waktu harga turun dan lebih sedikit pada waktu harga naik, tanpa harus peduli pada kondisi ekonomi.

"Metode ini juga dianjurkan oleh guru investasi seperti Warren Buffett," jelas William.

Baca juga: Tingkatkan Literasi dan Inklusi Ekonomi Syariah, ALAMI Luncurkan Fajr Academy

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.