Menanti Keputusan The Fed, Harga Minyak Mentah Dunia Turun

Kompas.com - 21/09/2022, 07:52 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah dunia mengalami penurunan pada perdagangan Selasa (20/1/2022). Penurunan harga minyak menanti keputusan The Fed terkait suku bunga acuan.

Mengutip Bloomberg, harga minyak West Texas Intermediate turun 1,4 persen menjadi 84,45 dollar AS per barrel. Sementara minyak Brent di harga 90,6 dollar AS per barrel atau turun 1,5 persen.

Minyak jatuh menjelang beberapa keputusan suku bunga global yang diperkirakan akan membawa pengetatan moneter lebih lanjut.

Baca juga: The Fed Bakal Umumkan Suku Bunga, Harga Minyak Dunia Bervariasi

The Fed dan bank sentral lainnya dari Eropa hingga Asia juga diperkirakan akan menaikkan suku bunga minggu ini untuk menjinakkan inflasi.

Di sisi lain, likuiditas yang menipis menyebabkan gejolak perubahan harga. Sementara itu, nilai tukar dollar AS yang menguat, menambah beban sentimen negatif pada harga minyak.

"Tekanan ekonomi makro dari Federal Reserve yang akan menaikkan suku bunga minggu ini telah menambah tekanan kembali pada pasar saham AS yang tampaknya membatasi harga minyak mentah," kata Dennis Kissler, wakil presiden senior di Bok Financial Securities.

"Dalam waktu dekat, harga minyak mentah rentan terhadap kenaikan suku bunga Fed," lanjutnya.

Baca juga: Faktor Iran dan Rusia Dongkrak Harga Minyak Dunia

Minyak mentah telah kehilangan sekitar sepertiga nilainya sejak awal Juni 2022 ini. Hal tersebut memangkas semua keuntungan yang diperoleh setelah invasi Rusia ke Ukraina, di tengah kekhawatiran bahwa perlambatan global akan menekan permintaan.

Potensi peningkatan pasokan juga membebani prospek positif pada harga minyak AS. Di awal pekan ini, AS menyebut akan menambah 10 juta barrel minyak dari cadangan strategisnya pada November. Hal ini dilakukan menjelang eksekusi rencana embargo Uni Eropa terhadap minyak Rusia pada Desember.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.